Loading...
Loading…
78 Persen Anak Muda Investasi karena Ikut-ikutan

78 Persen Anak Muda Investasi karena Ikut-ikutan

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Genpi | Senin, 15 Agustus 2022 - 18:49

GenPI.co - Director Consumer Insights di NielsenIQ Indonesia Inggit Primadevi mengatakan pihaknya menemukan data menarik dari riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2022.

Dalam riset tersebut, anak muda yang memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, dan cryptocurrency memang terus melonjak.

Menurut dia, angkanya terus bertambah setiap tahun. Tahun ini naik hingga 9 persen.

Namun, Inggit menyebut sebanyak 78 persen di antaranya tidak sepenuhnya memahami risiko dan manfaat dari produk investasi.

"Mereka cenderung berinvestasi karena mengikuti tren di masyarakat dan menganggap investasi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar," ujar Inggit di Jakarta Pusat, Senin (15/8).

Sementara itu, Retail Proposition Division Head Bank OCBC NISP Chinni Yanti Tjhin mengatakan konsep transformasi menabung dan investasi tidak bisa sekadar menyimpan uang saja.

Menurut dia, seseorang mesti bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih optimal melalui pemilihan produk yang sesuai dengan pengetahuan (risk appetite), profil risiko, dan jangka waktu investasi.

"Tentunya tanpa terlupakan setiap orang juga harus mempertimbangkan keabsahan lembaga keuangan yang harus diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ungkap Chinni.

Chinni mengatakan seiring dengan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-77, pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda saat ini untuk menerapkan cara menabung yang tepat.

Dia berharap publik tidak hanya sekadar melihat dan mengejar jumlah keuntungan secara instan. (*)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Original Source

Topik Menarik