Bukan Cuma Ukraina, Impor Gandum RI Berasal dari 7 Negara Ini

Bukan Cuma Ukraina, Impor Gandum RI Berasal dari 7 Negara Ini

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 15 Agustus 2022 - 13:34
share

JAKARTA, iNews.id - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto angkat suara perihal isu kenaikan harga mi instan. Hal ini disebut dipengaruhi gangguan rantai pasok bahan pangan khususnya gandum di tengah gejolak geopolitik Rusia-Ukraina.

Setianto menjelaskan, impor biji gandum dan meslin Indonesia tersebar di delapan negara, yaitu Australia, Argentina, Kanada, India, Brazil, Amerika Serikat (AS), Moldova, dan Ukraina. Terdapat tiga negara yang share-nya terbesar di periode Januari-Juli 2022, antara lain Australia, Argentina, dan Kanada.

Jadi, ketiga negara ini merupakan sumber impor biji gandum dan meslin terbesar untuk Indonesia. Kemudian, impor biji gandum dan meslin yang secara konsisten adalah India meski share-nya masih kecil, ucap Setianto dalam konferensi pers, Senin (15/8/2022).

Dari daftar delapan negara tersebut, ada lima negara yang memang tidak secara konsisten menjadi sumber impor biji gandum dan meslin, termasuk di antaranya Ukraina.

Masih ada beberapa negara lain penghasil gandum yang mungkin bisa dijadikan sumber impor kita untuk gandum dan meslin, ujar Setianto.

Topik Menarik