Loading...
Loading…
UMKM Terus Diberi Stimulus

UMKM Terus Diberi Stimulus

Ekonomi | koran-jakarta.com | Jumat, 12 Agustus 2022 - 08:50

JAKARTA-Pemerintah menegaskan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)/ Industri Kecil Menengah (IKM) makin diberi banyak kemudahan oleh negara. Beragam fasilitas telah diberikan, termasuk akses permodalan. Saat ini, tinggal IKM/ UMKM memperkuat daya saingnya termasuk memanfaatkan akses digital untuk bisa bersaing di pasar.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan dari sisi keuangan atau APBN sisi penerimaan, UMKM diberi pemihakan dari mulai diberikan pembebasan pajak sampai 4,5 milliar rupiah omzetnya hingga pajak final yang sangat kecil. Kemudian juga kedua instansi di bawah Kementerian Keuangan yaitu Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memiliki berbagai pusat pemberdayaan UMKM di kantor wilayahnya.

"Kalau di bea cukai itu adalah bisnis center di dalam pemberdayaan UMKM yang akan melakukan ekspor keluar negeri. Kalau di pajak ada bisnis center yang tujuannya untuk menciptakan literasi dan pemahaman di dalam mengelola keuangan dari perusahaan meskipun pada taraf yang masih sangat kecil," jelas Menkeu dalam acara The 1st International Conference on Women and Sharia Community Empowerment yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (11/8).

Dari sisi belanja negara, Menkeu juga mengatakan banyak belanja negara untuk menggerakan perekonomian melalui kegiatan procurement untuk usaha kecil menengah. Selain itu, hampir semua Kementerian/ Lembaga tidak hanya Kementerian Koperasi dan UMKM memiliki program pemberdayaan UMKM mulai dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perindustrian.

Lebih lanjut, Menkeu memaparkan kehadiran pemerintah dalam pemberdayaan UMKM juga diberikan dengan bantuan akses modal dan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat.

Sementara itu, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, Reni Yanita, mengungkapkan pihaknya terus berupaya meningkatkan kapasitas bisnis IKM dengan melakukan pendampingan secara intensif sehingga berdaya saing.

Original Source

Topik Menarik