5 Kota yang Memiliki Kawasan Industri Terbanyak di Indonesia, Ini Lokasinya

5 Kota yang Memiliki Kawasan Industri Terbanyak di Indonesia, Ini Lokasinya

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 11 Agustus 2022 - 15:53
share

JAKARTA- 5 kota yang memiliki kawasan Industri terbanyak di Indonesia menarik untuk diulas. Beberapa kota di Indonesia memiliki kawasan Industri sebagai tempat pusat kegiatan industri yang lengkap dengan prasarana, sarana dan fasilitas pendukung yang disediakan oleh perusahaan yang terlibat.

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sektor industri. Karena masih banyak sektor yang bisa masih digarap.

Kota Batam adalah salah satu tempat yang terkenal dengan banyak kawasan industri. Banyaknya kawasan industri bisa menghasilkan nilai jual yang tinggi.

Berikut 5 kota yang memiliki kawasan Industri terbanyak di Indonesia yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Kota Serang, Banten

Kota Serang adalah salah satu wilayah dengan kawasan industri terbanyak. Bahkan kawasan industri di Serang direncanakan akan menjadi kawasan industri produk halal terbesar di Indonesia.

Kota Serang memiliki 5 kawasan industri dengan lahan seluas 4.877 hektar. Terdapat ratusan pabrik industri besar yang beroperasi di Serang dan memproduksi bahan baku kebutuhan rumah tangga hingga produksi bahan baku industri yang dapat diolah kembali.

2. Batam

Di Batam terdapat 17 jenis industri yang beroperasi. Adapun jumlah perusahaannya mencapai 1.309. Perusahaan didominasi oleh perusahaan yang bergerak di industri logam dan mesin. Batam menjadi kawasan industri yang strategis dikarenakan dekat dengan Singapura dan bisa menarik investor untuk beriventasi.

Ada 25 kawasan industri di Batam dengan luas lahan sebesar 2.002 hekta untuk keseluruhan kawasan.

3. Tangerang

Wilayah yang dekat dengan Jakarta ini memiliki 6 kawasan industri dengan luas lahan kawasan mencapai 4.450 hektar. Sebagian besar perusahaan di Tangerang bergerak disektor produksi dan penyimpanan gudang.

4. Karawang

Wilayah Kabupaten Karawang memiliki 12 kawasan industri dengan luas kurang lebih 13.756.358 hektar. Kawasan industri Karawang adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut data Disnakertrans Karawang, Jumlah pabrik yang beroperasi mencapai 1.762 pada tahun 2018. Sebagian besar perusahaan yang ada di Karawang bergerak disektor otomotif dari negara Jepang.

5 . Bekasi

Daerah penyangga DKI Jakarta ini merupakan salah satu kawasan industri terbesar lainnya di Indonesia, tepatnya di daerah Cikarang. Total kawasan industri di Cikarang adalah 10 kawasan dengan luas lahan kawasan mencapai 9.496 hektar.

(RIN)

Topik Menarik