Google Catat Pencarian Terkait Kendaraan Listrik Naik 300 Persen

Google Catat Pencarian Terkait Kendaraan Listrik Naik 300 Persen

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 22:33
share

JAKARTA, iNews.id - Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), Google mengungkapkan pencarian mengenai kendaraan listrik naik 300 persen selama periode 2020 sampai 2021. Google Search dan YouTube menjadi platform andalan bagi mereka yang tertarik dengan mobil listrik.

Pencarian kendaraan listrik hybrid (HEV) tercatat naik 53 persen. Sementara mobil listrik murni bertenaga baterai (BEV) naik 60 persen di YouTube.

Kita dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik dan melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya, ujar Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst Google Indonesia, Selasa (9/8/2022).

Jika dilihat seksama, data internal Google mengatakan volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google 30 persen lebih tinggi daripada penelusuran untuk mobil jenis SUV dan hatchback setahun belakangan.

Selama periode yang sama, penelusuran untuk motor listrik di YouTube juga naik 85 persen. Secara umum, penelusuran terkait otomotif di Google naik 20 persen selama periode yang sama.

Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen. Penelusuran untuk dealer terdekat naik 43 persen selama periode yang sama.

Penelusuran untuk harga EV mencapai 35 persen dari penelusuran terkait EV secara keseluruhan Sementara 29 persen dari penelusuran terkait hybrid adalah penelusuran untuk informasi harga, kata Karlina.

Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini. 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online, ujarnya.

Topik Menarik