Loading...
Loading…
Siapa Pemilik Wanaartha Life? Perusahaan Asuransi yang Diduga Gelapkan Dana Nasabah

Siapa Pemilik Wanaartha Life? Perusahaan Asuransi yang Diduga Gelapkan Dana Nasabah

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:13

IDXChannel Pemilik Wanaartha Life menjadi sorotan usai perusahaan asuransi jiwa ini diduga melakukan penggelapan dana nasabah.

Beberapa waktu lalu, Bareskrim Polri telah menetapkan tujuh pejabat PT Asuransi Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life sebagai tersangka. Satu dari tujuh tersangka tersebut diduga merupakan pemilik perusahaan asuransi Wanaartha Life.

Lalu, siapa pemilik Wanaartha Life? Berikut informasi lengkap yang berhasil dihimpun IDXChannel.

Pemilik Wanaartha Life

Berdasarkan laporan keuangan terakhir yang dipublikasikan dalam laman resmi perusahaan kinerja 2019, pemegang saham Wanaartha Life adalah PT Fadent Consolidated Companies dengan kepemilikan sebesar 97,54 persen. Selain itu, Yayasan Sarana Wana Jaya juga memegang saham perusahaan ini dengan porsi kepemilikan sebesar 2,46 persen.

Sekadar diketahui, Yayasan Sarana Wana Jaya lembaga yang berdiri di bawah Kementerian Kehutanan. Sementara itu, Fadent Consolidated Company adalah Badan Usaha Milik Swasta yang didirikan oleh mendiang Mohammad Fadil Abdullah.

Perusahaan ini saat ini telah diwariskan kepada Evelina Fadil Pietruschka yang kini menjabat sebagai Presiden Komisaris sejak 2011. Adapun jabatan Presiden Direktur dipegang oleh Yanes Yaneman Matulatuwa sejak 2014.

Evelina Fadil Pietruschka bukanlah orang baru dalam industri perasuransian. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Wanaartha Life sejak 1999 sebelum akhirnya dipercaya sebagai Presiden Komisaris Wanaartha Life pada 2011.

Sebelumnya, Evelina telah menduduki jabatan penting dalam beberapa asosiasi industri asuransi. Salah satunya, Evelina pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada 2005-2011. Kiprah Evelina di industri asuransi ini membentang hingga tingkat regional. Ia pun pernah dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal ASEAN Insurance Council.

Sama seperti Eveline, Yanes Yaneman Matulatuwa juga memiliki kiprah panjang di industri asuransi ini. Yanes pertama kali bergabung dengan Wanaartha Life sejak 2011 sebagai Director of Risk Management & Corporate Actuary. Ia kemudian resmi diangkat sebagai Presiden Direktur perusahaan ini sejak Juni 2014.

Sebelum berkarier di Wanaartha, Yanes memulai karier di PT Asuransi Jiwa BDNI Life, AIG Lippo, Sun Life Financial, dan Panin Life. Ia pun diketahui menduduki posisi penting di bidang aktuarial.

Pemilik Wanaartha Life Jadi Tersangka

Bareskrim Polri secara resmi telah menetapkan beberapa pejabat PT Asuransi Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life sebagai tersangka atas kasus pemalsuan dokumen yang diberikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, para pejabat Wanaartha Life ini juga diduga melakukan penggelapan premi nasabah.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengungkapkan bahwa salah satu yang terlibat menjadi tersangka merupakan Komisaris Utama dan Pemegang Saham pengendali PT Fadent Consolidated Companies.

Adapun tujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka antara lain Yanes Yaneman Matulatuwa, Daniel Halim, Yosef Meni, Terry Khesuma, Rezanantha Pietruschka, Evelina Larasati Fadil dan Manfred Armin Pietruschka.

Original Source

Topik Menarik

{