Sri Mulyani Sebut Ekonomi Global Bakal Melemah, Ini Penyebabnya

Sri Mulyani Sebut Ekonomi Global Bakal Melemah, Ini Penyebabnya

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 10:33
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertumbuhan ekonomi global diproyeksi bakal mengalami pelemahan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya risiko stagflasi, ketidakpastian pasar keuangan global, tekanan inflasi, dan situasi geopolitik.

Lingkungan global kita akan menjadi melemah, sementara tekanan inflasi justru meningkat, ujar Sri Mulyani dalam keterangan pers usai sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, dikutip, Selasa (9/8/2022).

Sri Mulyani menambahkan, IMF menurunkan proyeksi ekonomi global dari 3,6 persen ke 3,2 persen untuk tahun 2022, dan tahun 2023 akan lebih lemah lagi dari 3,6 persen ke 2,9 persen.

Sementara, IMF juga memprediksi inflasi negara maju tahun 2022 akan naik hingga 6,6 persen dan negara-negara berkembang akan berada pada level 9,5 persen.

Dengan adanya kenaikan inflasi yang sangat tinggi di negara maju, terjadi reaksi dari sisi kebijakan moneter dan likuiditas yang diperketat. Ini memacu apa yang disebut capital outflow dan volatilitas di sektor keuangan. Inilah yang harus kita terus kelola di dalam negeri, kata dia.

Dia menilai, kondisi tersebut menjadi suatu persoalan harus diatasi bersama dengan kombinasi dari kebijakan fiskal, moneter, maupun kebijakan struktural.

Kami bersama Gubernur Bank Indonesia akan terus meramu kebijakan fiskal dan moneter secara fleksibel, namun juga pada saat yang sama efektif dan kredibel, ucapnya.

Topik Menarik