Potensi Ikan Melimpah, Pemkab Kulonprogo Didorong Berani Ekspor

Potensi Ikan Melimpah, Pemkab Kulonprogo Didorong Berani Ekspor

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 08:11
share

KULONPROGO, iNews.id - Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo didorong memanfaatkan potensi ikan di laut selatan yang melimpah untuk diekspor. Langkah ini untuk mendongkrak pendapatan nelayan.

Saat ini Bandara Internasional Yogyakarta telah dibuka penerbangan internasional ke Malaysia dan Singapura, sehingga bisa menjadi peluang untuk mendorong tumbuhnya industri perikanan di DIY, khususnya di Kulonprogo, kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Priyo Santoso, Jumat (5/8/2022).

Priyo menyebut saat ini, ekspor perikanan melalui Jakarta dan Surabaya, namun dengan adanya penerbangan internasional di Bandara YIA, maka ekspor bisa langsung.

Untuk itu, kami mendorong DKP mulai mendampingi nelayan mengoptimalkan hasil tangkapan ikan untuk ekspor, kata Priyo.

Priyo juga meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) meningkatkan kualitas sumber daya manusia nelayan Kulon Progo supaya lebih profesional. Nelayan diberikan pelatihan mengoperasikan kapal-kapal besar di atas lima grosston (GT) dan navigasi.

Kalau perlu memanfaatkan drone untuk menangkap ikan, sehingga tidak perlu melaut, tinggal mengoperasikan drone dari darat

Saat ini nelayan harus mampu bertransformasi dan modern, sehingga perlu ada pelatihan SDM nelayan, katanya.

Politisi PAN dari Daerah Pemilihan Galur dan Lendah ini juga berharap ada modernisasi alat tangkap ikan.

Anggaran pemerintah kabupaten memang terbatas, kami berharap DKP mengakses dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK), katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan TPI Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Wakhid Purwosubiyantara mengatakan potensi perikanan tangkap pantai selatan sangat bagus, namun belum dimanfaatkan secara optimal karena keterbatasan sumber daya manusia nelayan yang andal dan profesional di bidang ini

Dia mengatakan nelayan Kulonprogo sebagian besar merupakan nelayan sambilan yang bergantung juga di usaha pertanian hortikultura mulai dari cabai, semangka, melon dan sayuran. \'Sehingga usaha penangkapan belum menjadi pokok penghasilan, katanya.

Wakhid mengatakan hasil tangkapan ikan oleh nelayan juga tergantung dari musim. Di musim tertentu terdapat hasil tangkapan ikan yang memiliki nilai ekspor. Seperti layur, bawal putih dan lobster. Hasil tangkapan ikan tergantung dengan musim yang ada.

Untuk itu diperlukan peningkatan kapasitas SDM bagi nelayan berupa peningkatan ilmu keterampilan dalam penangkapan ikan, navigasi, permesinan, dan pranoto mongso.

Selain itu, permasalahan yang dihadapi terutama tentang perlindungan nelayan saat melaut. Sedangkan nelayan jenis usaha dengan risiko tinggi. Asuransi Nelayan subsidi dari pemerintah sudah tidak ada lagi.

Program ke depan, kami akan melakukan peningkatan motivasi menangkap ikan. Salah satunya dengan mengajukan asuransi dari pemerintah daerah dan pusat. Kami juga akan meningkatkan sarana dan prasarana penangkapan dan pelelangan ikan, kata Wakhid.

Topik Menarik