Ekonom Prospera Yakin Indonesia Tak Masuk Jurang Resesi

Ekonom Prospera Yakin Indonesia Tak Masuk Jurang Resesi

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 18:46
share

JAKARTA, iNews.id - Ekonom dari Prospera Anton Hermanto Gunawan berkeyakinan, Indonesia tidak akan masuk begitu dalam pada jurang resesi yang saat ini sedang mengancam ekonomi sejumlah negara di dunia. Beberapa indikator ekonomi menunjukkan Indonesia memiliki kemampuan mempertahankan tren pertumbuhan ekonomi.

Memang ada ancaman resesi di Amerika dan Eropa, tapi di Indonesia berbeda. Kalau di Amerika ada masalah pada suplai logistik.Tapi di Indonesia kalau kita lihat tidak ada masalah pada demand , ujar Anton pada acara MNC Forum LXV (65 th) secara daring, Kamis (4/8/2022).

Anton menambahkan, dari beberapa indikator, Indonesia juga belum terlalu ada tekanan inflasi. Walaupun inflasi meningkat, lebih karena adanya kenaikan harga administrasi dan food prices . Juga beberapa win pool dan current account surplus. Juga inflasi saat ini sedang dijaga agar tidak terlalu tinggi.

Domestik demand tidak terlalu tinggi tekananya. Penjualan mobil dan motor hotel memang naik tapi masih di bawah sebelumnya. Jadi saya tidak yakin Indonesia akan masuk resesi, kata dia.

Meski begitu, pemerintah harus mempetimbangkan beberapa hal. Misalnya, pada tahun ini tidak ada masalah pada pendapatan karena masih ada revenue sehingga masih bisa melakukan subsidi di beberapa sektor, tapi bagaimana tahun depan. Apalagi jika resesi makin dalam, misalnya perang masih terjadi.

Nah, apakah subsidi masih bisa dipertahankan. kalau resesi terjadi dan dunia slow down , sehingga demand komoditi akan turun. Kita perlu pertimbangkan juga soal kompensasi kredit yang akan berakhir. apakah nanti menjadi masalah NPL ini bisa menjadi risiko, ucapnya.

Sementara itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo juga menilai, ekonomi Indonesia akan bertahan dengan baik. Hal ini merupakan optimisme bersama yang perlu dibangun sehingga iklim usaha tetap tumbuh baik.

Beberapa negara telah terpengaruh kondisi dunia, tapi saya sangat yakin ekonomi Indonesia kuat, ujar Hary.

Topik Menarik