Pandemi Mereda, Dua Raksasa PC Dunia Akui Penjualan Anjlok Hingga 10 Persen

Pandemi Mereda, Dua Raksasa PC Dunia Akui Penjualan Anjlok Hingga 10 Persen

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 17:25
share

JAKARTA, iNews.id - Dua raksasa personal computer (PC) dunia, Intel Corporation dan Advanced Micro Devices Inc. (AMD), menyatakan penjualan anjlok hingga 10 persen di Semester I 2022, seiring dengan meredanya pandemi Covid-19.

Pada Rabu (3/8/2022), AMD mengumumkan perkiraann yang suram untuk penjualan PC pada kuartal III dan IV tahun ini, dan memotong target perusahaan. Meski demikian, penjualan chip dan pusat data diyakini tetap meningkat.

CEO AMD, Lisa Su, mengatakan perusahaan memperkirakan penjualan kuartal III 2022 berada di kisaran 6,5 miliar dolar AS hingga 6,9 miliar dolar AS. Sementara margin laba kotor kuartal III 2022 sekitar 54 persen, turun sedikit dari target 54,2 persen.

Kami telah mengambil pandangan yang lebih konservatif pada bisnis PC. Kami memperkirakan bisnis PC akan turun lebih dalam di kuartal III 2022, kata Lisa Lu, seperti dikutip Yahoo Finance, Rabu (3/8/2022).

Saham AMD turun lebih dari 2 persen di awal perdagangan Bursa Wall Street, Rabu (3/8/2022). Perusahaan memiliki halaman ticker yang paling banyak dikunjungi di Yahoo Finance, menggarisbawahi kekhawatiran investor pada prospek AMD, yang juga termasuk peringatan bahwa tekanan pada pasar PC akan bertahan hingga kuartal IV 2022.

Peringatan AMD datang setelah saingannya, Intel Corporation, mengumumkan kepada investor bahwa mereka memperkirakan total pasar PC tahun ini turun 10 persen, seiring penurunan pendapatan kuartal II 2022 perusahaan yang mengejutkan.

Kami melihat koreksi inventaris besar di pihak pelanggan kami, kata CEO Intel, Pat Gelsinger, dalam tayanngan Yahoo Finance Live.

Dia mengungkapkan, kuartal III 2022 adalah yang periode terendah untuk bisnis PC Intel, dengan tren membaik pada kuartal IV 2022 karena PC dibeli untuk liburan. Saham Intel terkoreksi 8 persen, menyusul kekecewaan investor atas kinerja kuartal II 2022 raksasa PC tersebut.

Sementara itu, International Data Corporation (IDC) menyatakan pengiriman PC di seluruh dunia turun 15,3 persen menjadi 71,3 juta unit pada kuartal II 2022 (yoy). Hal ini menandai kuartal kedua berturut-turut pengiriman PC yang lebih rendah setelah dua tahun pertumbuhan selama masa pandemi.

Pergeseran pola konsumen dari perangkat hiburan di rumah saat Covid, dikombinasikan dengan musim paruh pertama yang lemah, menunjukkan tidak ada pemulihan PC dalam waktu dekat, dengan tingkat pemanfaatan yang kurang menantang pemulihan margin kotor, kata analis Baird Tristan Gerra.

Topik Menarik