Jumlah Rekening yang Dijamin LPS Capai 484,74 Juta

Jumlah Rekening yang Dijamin LPS Capai 484,74 Juta

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 1 Agustus 2022 - 21:02
share

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) mencatat jumlah rekening nasabah yang dijamin sebanyak 99,93% dari total rekening atau setara 484,74 juta rekening pada Juni 2022.

Sedangkan tingkat bunga penjaminan perbankan dipertahankan di level 3,5% untuk simpanan dalam rupiah dan 0,25% untuk simpanan valuta asing (valas) di bank umum. Sedangkan untuk simpanan rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tetap pada level 6,00%.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, keputusan tersebut sejalan dengan penurunan laju suku bunga simpanan perbankan yang mulai terbatas.

"Prospek likuiditas yang relatif stabil optimisme terhadap perkembangan SSK terkini yang diperkuat dengan sinergi kebijakan lembaga-lembaga anggota KSSK dalam mendukung pemulihan perekonomian," kata Purbaya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), yang ditayangkan di Channel YouTube Kemenkeu RI, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, LPS selalu mengawasi pergerakan uang di sistem perbankan apabila ada pergeseran, bahkan dilakukan hampir setiap hari.

"Ke depan LPS akan terus melakukan assesment terhadap perkembangan kondisi perekonomian dan perbankan serta dampaknya kepada penetapan tingkat bunga penjaminan," jelasnya.

Topik Menarik