Loading...
Loading…
Dear Milenial, Catat 5 Tips untuk Investor Gaji UMR

Dear Milenial, Catat 5 Tips untuk Investor Gaji UMR

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Jumat, 29 Juli 2022 - 10:40

IDXChannel - Tips untuk investor gaji UMR memang sangat menarik di ulas dan dibedah secara mendalam. Cara menabung bagian gaji UMR dilakukan dengan niat yang benar dan diperhitungkan dengan baik. Jika Anda mengelola keuangan dengan baik, gaji UMR akan sangat mencukupi, bahkan Anda bisa menabung.

Saham adalah salah satu alat investasi dengan potensi keuntungan yang besar. Harga yang berfluktuasi dapat melipatgandakan laba atas investasi ini. Tentu saja, ini datang dengan tingkat risiko yang sama. Namun, kebanyakan orang masih beranggapan bahwa berinvestasi saham akan membutuhkan modal yang cukup besar yang tidak semua orang bisa miliki dengan mudah.

Penghasilan rendah bukan alasan untuk tidak membeli saham, karena sekarang semua itu mungkin. Akses investasi yang lebih mudah dan sistem yang tepat sejak awal akan memungkinkan untuk berinvestasi di saham dengan upah minimum.

Tips untuk investor gaji UMR

Dilansir beberapa sumber, adapun tips untuk investor gaji UMR yakni:

1. Pilih Tujuan Dalam Berinvestasi
Sebelum Anda mulai berinvestasi, Anda perlu menetapkan tujuan keuangan agar tetap konsisten dan fokus. Sisihkan beberapa persen dari penghasilan Anda setiap bulan untuk investasi jangka panjang untuk membeli rumah, pendidikan anak-anak Anda, hingga dana pensiun.

2. Atur Gaji Dengan Baik
Jika seseorang memiliki gaji UMR Rp4,4 juta dan diharapkan untuk menginvestasikan 10% dari gajinya, maka orang tersebut akan menghabiskan Rp440.000 dari gajinya untuk berinvestasi. Para pekerja ini dapat memilih jenis investasi yang mereka inginkan, mulai dari saham hingga reksa dana.

3. Gunakan Sekuritas yang Biaya Transaksinya Kecil
Biaya transaksi adalah biaya pembelian dan penjualan saham yang nantinya menjadi keuntungan bagi perusahaan efek yang bersangkutan. Sebagai informasi, biaya surat berharga ini biasanya ditetapkan sebesar 0,19% saat membeli dan 0,29% saat menjual.

4. Kulik dan cari penghasilan tambahan
Jika Anda merasa gaji UMR tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dan investasi sehari-hari, maka atur ulang pemasukan dan pengeluaran Anda secara detail. Anda harus mencari pekerjaan atau penghasilan tambahan untuk merasa lebih bebas. Seperti membuka jasa penerjemahan, jasa bimbingan belajar, menjadi pekerja lepas atau freelance, dan juga berjualan online.

5. Buat perencanaan
Hitung dengan cermat gaji Anda selain lembur. Kemudian alokasikan dana tersebut dalam proporsi yang telah ditentukan untuk kebutuhan dan investasi. (SNP)

Original Source

Topik Menarik

{