Mengenal Kategori Saham yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Mengenal Kategori Saham yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 27 Juli 2022 - 16:00
share

I DXChannel - Kategori saham jarang diketahui banyak orang. Karena itulah lewat artikel ini akan mencerahkan hari Anda dan menambah wawasan Anda.

Seperti diketahui ada tiga kategori saham yaitu First Liner, Second Liner, dan Third Liner. Ketiganya memiliki ciri dan perbedaannya tersendiri,

Lalu apa saja penjelasan kategori saham? Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Tentang Kategori Saham

Tentunya ada beberapa karakteristik yang berbeda, investor dapat menyesuaikan pilihan sahamnya dengan profil risiko dan tujuan masing-masing. Bagi investor pemula pun wajib memahami ketiga kategori agar kualitas setiap saham bisa dibedakan dengan mudah. Berikut penjelasan dari 3 kategori saham.

1. First Liner

Kategori saham yang pertama yaitu first liner, first liner adalah saham yang memiliki kapitalisasi pasar di atas Rp10 triliun. Bisa dibilang,kategori saham ini punya bobot besar dalam mempengaruhi pergerakan IHSG.

Karena saham first liner merupakan tingkatan kategori saham tertinggi dibanding Second Liner, dan Third Liner. Bagi Anda yang ingin melakukan investasi saham dalam waktu jangka panjang, kategori saham first liner cocok bagi Anda. Karena pergerakan harga saham first liner tidak terlalu fluktuatif.

Namun, kategori saham ini kurang menarik untuk trading jangka pendek karena tingkat fluktuasinya rendah. Maka dari itu, saham first liner cocok dijadikan investasi jangka panjang karena mayoritas memiliki likuiditas yang bagus. Artinya, target pasar mudah ditemukan dan mudah diperdagangkan baik jual dan beli karena memiliki banyak peminat.

Faktor lainnya dari kategori saham ini yaitu, beberapa saham first liner juga termasuk kategori blue chip, yakni saham yang sudah mature dengan kinerja keuangan yang stabil setiap tahunnya.

Contoh saham first liner adalah Bank BCA, Bank BRI, Telkom Indonesia, Bank Mandiri, dan masih banyak lagi.

2. Second Liner

Second liner merupakan kategori saham yang memiliki nilai kapitalisasi pasar medium antara Rp500 miliar Rp10 triliun.

Perbedaan dari saham first liner yaitu pergerakan saham second liner lebih fluktuatif, karena tingkat kapitalisasi pasarnya jauh lebih rendah. Akan tetapi rata-rata saham second liner cukup likuid.

Karena kategori saham second liner pergerakannya lebih fluktuatif, banyak trader yang melakukan trading, baik swing trading maupun super trader. Apalagi, harga per lembar saham second liner tergolong lebih murah. Maka dari itu, kategori saham second liner menjadi favorit trader untuk melakukan trading.

Akan tetapi tetap harus diperhatikan ketika ingin melakukan investasi atau trading di saham second liner dengan menganalisis secara fundamental, teknikal, maupun tingkat likuiditasnya. Contoh saham second liner seperti, AKR Corporindo, PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk,PT Alam Sutera Realty Tbk, dan PT Metrodata Electronics Tbk.

Mengenal Kategori Saham yang Jarang Diketahui Banyak Orang. (FOTO : MNC Media)

3. Third Liner

Kategori saham Third liner merupakan kategori saham yang tergolong terendah, karena Third liner adalah saham yang memiliki kapitalisasi pasar di bawah Rp500 miliar. Lebih rendah dari kategori sebelumnya.

Kategori saham third liner ini merupakan saham yang sepi peminat. Dengan kapitalisasi pasar yang sangat kecil, pergerakan harga saham third liner sangat berfluktuatif. Soalnya, jika ada transaksi keluar-masuk sekitar Rp1 miliar saja, harga sahamnya bisa bergerak liar.

Dan kelemahan saham third liner adalah tingkat likuiditas yang kurang bagus. Artinya, seorang trader bisa saja melakukan trading atau investasi, tetapi belum tentu bisa menjualnya.

Karena hal tersebut, banyak scalper atau investor yang bermain di saham third liner ini karena para scalper menjual sahamnya dalam waktu yang sangat pendek (bisa hitungan menit atau jam dalam satu hari yang sama). Alasanya scalper ingin mendapatkan keuntungan besar dalam jangka intraday atau kurang dari sehari.

Contoh saham third liner adalah Envy Technologies (ENVY), PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG), PT Arita Prima Indonesia Tbk (APII), dan PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE).

Itulah penjelasan tiga kategori saham dapat Anda pelajari cermat. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Topik Menarik