Loading...
Loading…
5 Saran BI Pulihkan Ekonomi Indonesia, Taati Protokol Covid-19

5 Saran BI Pulihkan Ekonomi Indonesia, Taati Protokol Covid-19

Ekonomi | okezone | Jumat, 17 Juli 2020 - 12:49

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, ada lima langkah agar pemerintah bisa segera mengatasi pandemi Covid-19, dan dampaknya terhadap khususnya dunia usaha dan sektor keuangan.

"Pertama, bahwa dalam konteks ini protokol Covid-19 itu harus betul-betul kita taati. Kenormalan baru itu bukan kembali kepada normal yang lama, tapi adalah gaya hidup baru dan pendekatan baru," kata Perry di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Kedua, penyerapan anggaran, sebagai salah satu aspek yang sangat penting di tengah terbatasnya aktivitas ekonomi. Karenanya, Perry menegaskan bahwa realisasi dan efektifitas penyerapan anggaran memang sangat diperlukan.

Bank Indonesia Tolak Usulan Cetak Uang Rp600 Triliun sebagai Solusi Penanganan Covid-19

Ketiga, lanjut Perry, mulai membuka sektor-sektor produktif, namun harus dengan dengan gaya hidup baru (new normal) dan tetap menerapkan protokol Covid-19 secara ketat.

"Apalagi Presiden Jokowi juga telah menggariskan bahwa sembilan sektor akan segera dibuka, termasuk sektor pariwisata," ujar Perry.

Keempat, restrukturisasi kredit bagi dunia usaha oleh pihak perbankan. Perry mengaku memiliki data dan laporan sejak Maret-Juni 2020, di mana banyak bank yang sudah betul-betul bekerja keras demi melakukan restrukturisasi kredit tersebut.

Original Source

Topik Menarik

{