Harga Bawang Merah di Cimahi Melambung, Kini Tembus Rp70.000 per Kg

Harga Bawang Merah di Cimahi Melambung, Kini Tembus Rp70.000 per Kg

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 14 Juli 2022 - 15:20
share

CIMAHI, iNews.id - Harga bawang merah di pasar tradisional di Kota Cimahi melambung, menembus Rp70.000 per kilogram (kg). Kenaikan harga yang cukup signifikan itu terjadi sebulan terakhir diduga akibat pasokan dari daerah penghasil anjlok.

Saat ini, harga bawang merah kini dijual Rp60.000-70.000 per kg. Padahal, harga normalnya, komoditas ini hanya Rp30.000 per kg atau paling mahal tidak pernah lebih dari Rp40.000 per kg.

Selama ini kalaupun naik paling mahal di harga Rp40.000 per kilogram. Tapi sekarang naiknya signifikan lebih dari 100 persen, kata Idris (50), pedagang Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Rabu (13/7/2022).

Harga bawang merah melambung, ujar Idris, dikarenakan pasokan dari daerah penghasil, seperti Brebes, Jawa Tengah belum normal. Berdasarkan informasi panen bawang merah di daerah tersebut terdampak banjir sehingga berpengaruh terhadap hasil panen.

Alternatif pasokan bawang merah datang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, jika didatangkan dari daerah tersebut, berat di ongkos sehingga harga akan tetap mahal. Kemungkinan dua bulan lagi pasokan dari Brebes bisa normal lagi, tapi kalau datangin dari NTT dan NTB mahal diongkosnya, ujar Idris.

Sementara, pelaksana tugas (plt) Wali Kota Cimahi Ngatiayan mengatakan, saat ini terjadi kenaikan harga bawang merah. Kenaikan terjadi karena pasokan berkurang bukan karena faktor lain atau spekulan harga.

Ngatiyana meminta Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi terus melakukan pengecekan ke pasar tradisional mengenai kenaikan harga dan suplai komoditas pangan.

Bawang merah itu kan salah satunya dikirim dari Brebes, mungkin pasokan terkendala jadi harga naik. Nanti ditelusuri kenapa, sampai naiknya bisa dua kali lipat, kata plt Wali Kota Cimahi.

Topik Menarik