Profil Gubernur Maluku Murad Ismail, Si Penantang Pendemo Berduel

Profil Gubernur Maluku Murad Ismail, Si Penantang Pendemo Berduel

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 11 Juli 2022 - 16:16
share

SULSELSATU.com, AMBON Gubernur Maluku Murad Ismail viral setelah video yang memperlihatkan dirinya menantang warganya untuk berduel.Terdengar suara warga yang meneriaki nama Murad Ismail berkali-kali, Murad yang tak tahan mendengar namanya diteriaki dia pun berdiri dan berbalik lalu meneriaki kembali warganya, mengajak untuk berduel.

Murad Ismail dilantik menjadi Gubernur Maluku setelah dilantik oleh presiden Joko Widodo pada 24 April 2019 lalu, dia pun memulai memimpin Maluku semenjak tahun 2019.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Maluku, Murad Ismail pernah menjadi purnawirawan dengan pangkat terakhir jendral bintang dua atau Irjen.

Dilansir dari website resmi Provinsi Maluku, Murad Ismail merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) di tahun 1985. Pada tahun 2010 Murad Ismail menjalani pendidikan SESPIMTI

Mengutip Lemdiklat Polri, pendidikan SESPIMTI merupakan level pendidikan pengembangan umum tertinggi di Polri yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan organisasi tingkat tinggi dan menyiapkan para peserta didiknya menjadi pemimpin maupun manajer di tingkat nasional

Murad Ismail lahir di Kota Ambon pada 11 September 1961, dia dikenal memiliki segudang pengalaman di bidang kepolisian, bahkan dikabarkan karir Murad Ismail dikepolisian sangat baik.

Murad Ismail juga pernah menduduki jabatan tinggi di kepolisian, Diantaranya pada tahun 1992, Murad Ismail tercatat menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Gorontalo.

Kemudian pada tahun 2013, Murad Ismail diangkat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku. Tidak lama berselang lama setelah itu, di tahun yang sama Murad Ismail dipercayakan untuk menduduki posisi Kapolda Maluku.

Murad Ismail juga pernah menjabat sebagai Dankor Brimob Mabes Polri. Namun Ia memutuskan mundur dari kepolisian Republik Indonesia pada 12 Februari 2018.

Kemundurannya dari anggota Korps Bhayangkara tersebut tidak lain karena dia ingin mengikuti pencalonan dalam ajang Pilkada Maluku tahun 2018. Surat kemunduran Murad Ismail ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo melalui Keppres Nomor 9/Polri/Tahun 2018.

Profil Gubernur Maluku Murad Ismail

Nama Lengkap: Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail
Tempat/Tanggal Lahir: Ambon/11 September 1961
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
Nama Istri: Widya Pratiwi
Jumlah Anak: 4 Orang

Jejak Karir Murad Ismail

Danton KIE 5153 Polda Sulteng tahun 1985
Kasubden Hartib Polda Sulteng tahun 1988
Kasubag Bin Ops Reserse Polda Sulteng tahun 1989
Kasat Sabhara Polres Gorontalo tahun 1992
Danki Brimob 5154 Polda Maluku tahun 1994
Kasat Brimob Polda Sumut tahun 2006
Kasat Brimob Polda Metro Jaya tahun 2008
Wakapolda Maluku tahun 2013
Kapolda Maluku tahun 2013
Dankor Brimob Mabes Polri tahun 2015
Gubernur Maluku

Selai daripada pengalaman dan karinya Murad Ismail juga telah mengantongi sejumlah tanda jasa dari Negara. Diantaranya Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Dwidja Sistha, Bintang Nararya, Bintang Karya Pratama dan Nararya Pratama.

Topik Menarik