Boris Johnson Undur Diri

Boris Johnson Undur Diri

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 7 Juli 2022 - 18:56
share

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengundurkan diri setelah puluhan menteri mengundurkan diri sebagai protes atas kepemimpinannya.

Selain itu, Boris juga akan mundur sebagai pemimpin Partai Konservatif tetapi berencana untuk tetap menjabat sebagai perdana menteri sampai musim gugur. Dia akan mengumumkan pengunduran dirinya segera di Downing Street.

Salah satu skenario yang mungkin terjadi adalah jika Johnson setuju untuk meninggalkan posisi PM segera setelah pemerintahan Inggris menemukan penggantinya, seperti yang dilakukan Theresa May pada 2019.

Dalam kondisi ini, tidak perlu ada tidak perlu ada formalitas apa pun; Johnson akan melanjutkan posisinya, mencoba melanjutkan pemerintahan sementara, dan kemudian perhatian akan beralih ke pencarian pengganti Johnson.

Jika Johnson mengundurkan diri segera, secara konstitusi perdana menteri sementara juga harus segera ditunjuk, karena secara konstitusi Inggris, seorang perdana menteri selalu harus ada dan tidak boleh kosong.

Kemungkinan besar, wakil perdana menteri dan sekretaris kehakiman, Dominic Raab, akan menjadi pilihan pertama. Tetapi jika posisinya sebagai wakil PM memberikan dia keuntungan yang tidak adil karena dia memiliki pandangan yang mirip dengan Johnson, kandidat yang lebih tidak memihak mungkin akan maju.

Topik Menarik