PNM Dampingi 500 Nasabah Membuka Tabungan Simpedes UMi

PNM Dampingi 500 Nasabah Membuka Tabungan Simpedes UMi

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 7 Juli 2022 - 16:33
share

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pelatihan dengan tema Digitalisasi PNM Bersama BRI yang dihadiri oleh 500 nasabah PNM Mekaar (Cabang Pasar Rebo) di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Kamis (7/7).

Pelatihan yang dikenal dengan istilah PKU akbar dilaksanakan dengan melibatkan nasabah Mekaar dan didampingi oleh PNM PKU.

Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Hal ini sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar.

Direktur Keuangan dan Operasional PNM, Ninis Kesuma Adriani berharap, kegiatan ini dapat membantu perekonomian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

BRI, Pegadaian dan PNM menjadi satu naungan dalam program PKU ini. Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat terus membantu perekonomian masyarakat, jelasnya di hadapan 500 nasabah PNM Mekaar.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Keuangan dan Operasional PNM Ninis Kesuma Adriani, Kepala Divisi Ultra Mikro BRI Novian Supriatno, Kepala Divisi SBM BRI Sirih Wahyono, dan Pemimpin Wilayah VII Pegadaian Alim Sutiono.

Lalu, Deputi Bisnis Pegadaian Area Bogor Agus Riyadi, Kepala Divisi Pengelolaan Bisnis II PNM Farida, dan Pemimpin PNM Cabang DKI Jakarta Lienda Diana.

Sementara, Nasabah PNM Mekaar Pasar Rebo, Afini (40) mengungkapkan telah merasakan keuntungan setelah dirinya bergabung bersama PNM. Produk kuliner donat lumer setiap hari terjual hingga Rp 200-300 ribu.

Saya sangat terbantu dengan adanya program ini. Uangnya bisa jadi tambahan buat modal kalau pesanan banyak jadi terbantu, ujarnya kepada wartawan, Kamis (7/7).

Senada dengan Afini, Sri Mukti yang menjual minuman herbal mengaku produknya cukup laku setiap harinya. Keuntungan yang didapatkan, kata dia, bisa untuk biaya hidup hingga modal jualan selanjutnya.

Alhamdulillah sehari bisa 20 botol sampai 30 botol, sehari bisa mencapai Rp 250 ribu, malah kadang-kadang sampai Rp 300 ribu, katanya.

Sri mengaku sudah menjadi nasabah PNM sejak tahun 2016. Awalnya ia mengajukan peminjaman modal Rp 3 juta, namun sekarang sudah mencapai Rp 9 juta. Saya berharap PNM semakin maju, semakin bisa memberikan modal buat usaha, tuturnya.

Pelatihan ini merupakan salah satu dari tiga modal yaitu modal intelektual yang diberikan oleh PNM bagi nasabahnya. Adapun acara yang diselenggarakan, seperti, sosialisasi manfaat tabungan Simpedes UMi, sosialisasi tabungan emas oleh Pegadaian, hingga penyerahan buku rekening Tab Simpedes Umi secara langsung.

Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman.

Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah. Kemudian, pelatihan ini berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pada kegiatan ini, PNM PKU berhasil mendampingi nasabah PNM Mekaar Cabang Pasar Rebo dalam pembukaan rekening tabungan Simpedes UMi (Simpanan Masyarakat Pedesaan Ultra Mikro) kepada 500 nasabah PNM Mekaar yang difasilitasi oleh BRI.

Sebagai informasi, hingga 7 Juli 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 112.14 Triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12.08 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.499 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.

Topik Menarik