Tekan Penyebaran PMK, Ternak di Bandung Barat Diberikan Vaksin Booster

Tekan Penyebaran PMK, Ternak di Bandung Barat Diberikan Vaksin Booster

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 5 Juli 2022 - 16:49
share

BANDUNG BARAT - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan vaksinasi booster untuk hewan ternak sebagai antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku ( PMK ).

Hal itu setelah Jawa Barat ditetapkan sebagai daerah dengan status keadaan darurat PMK. Sebab termasuk daerah dengan jumlah kasus terbanyak dengan Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, dan Aceh.

"BNPB telah menetapkan status keadaan darurat dari 2 Juli-31 Desember 2022 di lima provinsi dengan kasus tertinggi termasuk Jawa Barat. Makanya kita akan lakukan vaksinasi booster ke hewan ternak," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dispernakan KBB, Wiwin Aprianti, Selasa (5/7/2022).

Wiwin menyebutkan, harus mempercepat penanganan agar kasus PMK di KBB tidak semakin meluas. Booster itu akan disuntikkan bagi hewan ternak yang sudah divaksin dosis yang pertama. Sehingga diharapkan dengan booster akan semakin menambah kekebalan dari serangan virus.

"Saat ini hewan ternak sehat yang sudah mendapat suntikan dosis vaksin pertama di KBB jumlahnya mencapai 11.833 ekor," ucapnya.

Sementara untuk dosis vaksin, lanjut Wiwin, hingga saat ini masih aman karena dari total 26.100 dosis yang diberikan ke KBB masih ada sisa sebanyak 14.667 dosis. Nantinya sisa dosis itu akan digunakan untuk vaksinasi booster.

Topik Menarik