Loading...
Loading…
Revolusi Industri 4.0 Optimalkan Potensi Manufaktur RI

Revolusi Industri 4.0 Optimalkan Potensi Manufaktur RI

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Okezone | Senin, 04 Juli 2022 - 11:46

JAKARTA - Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) menyebut Revolusi Industri 4.0 yang terus berjalan bakal mengoptimalkan potensi Indonesia di sektor manufaktur melalui transformasi digital dalam seluruh rantai nilai industrinya.

Momentum itu itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Indonesia yang memiliki keunggulan permintaan, kerangka kelembagaan yang kuat, serta perdagangan dan investasi global yang baik.

"Perkembangan teknologi adalah keniscayaan dan pasti akan terjadi. Negara-negara yang menerapkan industri 4.0 meyakini pentingnya dukungan kebijakan pemerintah yang holistik sebagai pilar penting keberhasilan implementasi kebijakan ekonomi digital," kata Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Dia menyatakan bahwa pemerintah telah menetapkan inisiatif Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah peta jalan yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi, dengan aspirasi besar membawa Indonesia menjadi 10 besar ekonomi dunia pada 2030.

Resiliensi perekonomian Indonesia yang cukup baik juga dinilai sebagai salah satu potensi yang dapat dioptimalkan lewat penerapan Industri 4.0. hal tersebut ditunjukkan oleh pertumbuhan yang lebih tinggi pada 2019 dan kontraksi yang lebih kecil pada 2020 dibanding peer countries.

Baca Juga :
Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, Korsel Beri Bantuan Rp700 Miliar

Potensi selanjutnya adalah menghasilkan peluang pekerjaan baru yang lebih spesifik untuk mengakomodasi jumlah tenaga kerja yang besar.

Original Source

Topik Menarik

{