Pengakuan Gibran Mengejutkan, Menteri Terkait Dengarkan Ini

Pengakuan Gibran Mengejutkan, Menteri Terkait Dengarkan Ini

Ekonomi | genpi.co | Minggu, 3 Juli 2022 - 06:40
share

GenPI.co - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka tanpa tedeng aling-aling mengaku, bahwa usaha yang dilakukan pihaknya di sektor pariwisata bisa percuma gegara tidak ada akses penerbangan yang memadai.

Oleh sebab itu, putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu pun mengusahakan agar ada penerbangan langsung dari luar negeri menuju Bandara Adi Soemarmo Solo.

"(Penerbangan luar negeri) bukan hanya untuk ASEAN Para Games, tetapi juga untuk wisata ke depannya," kata Gibran kepada wartawan di Solo, Sabtu (2/7/2022).

Gibran blak-blakan mengaku tidak efektif jika Pemkot Surakarta berupaya mendongkrak sektor pariwisata, tapi tidak dibarengi dengan akses perjalanan yang memadai, termasuk penerbangan langsung dari luar negeri.

"Kami gembar-gembor (pariwisata), tetapi enggak ada direct flight ya percuma. Saya dari zaman SD, SMP bolak-balik Singapura dari Solo, sekarang malah enggak ada," jelas Gibran.

Gibran pun mengaku sudah meminta bantuan kepada menteri terkait, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri BUMN.

"Garuda Indonesia juga saya minta tolong. Kalau enggak bisa direct flight ya dari Jakarta dulu. Sudah saya siapkan, tempatnya juga," ungkap Gibran.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan saat ini Solo bergerak positif dalam pemulihan ekonomi.

"Tadi saya atas permintaan pak wali berhubungan dengan beberapa maskapai untuk mengajukan izin, dan dibantu mas wali memberikan rekomendasi untuk menambah jumlah penerbangan langsung dari luar negeri ke Solo," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengatakan rute penerbangan luar negeri yang paling prospektif untuk digarap yakni Singapura dan Kuala Lumpur. Apalagi ASEAN Tourism Forum ini digelar di Indonesia.

"Paling cepat nanti 3-4 bulan (untuk perjalanan wisata). Kalau ini kan ada G20 sehingga perlu direct connection, ada G20 dan ASEAN Para Games," jelasnya.(Ant/GenPI.co)

Video viral hari ini:

Topik Menarik