Loading...
Loading…
Deretan Negara dengan Utang Terbanyak, Alhamdulillah Indonesia Tidak Termasuk

Deretan Negara dengan Utang Terbanyak, Alhamdulillah Indonesia Tidak Termasuk

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Celebrities | Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:06

JAKARTA, celebrities.id - Hampir sebagian besar negara memiliki banyak utang. Lantas, negara mana sajakah yang memiliki utang paling besar? Apakah Indonesia termasuk? Berikut ulasannya.

Indonesia dikabarkan memiliki utang Rp7 ribu trilun atau sekira 4,6 triliun dolar Amerika Serikat. Angka tersebut rupanya masih sangat kecil jika dibandingkan utang beberapa negara lain di dunia.

Berikut tiga negara yang memiliki utang terbanyak dilansir dari beragam sumber, Sabtu (2/7/202):

1. Jepang

Meskipun masuk dalam salah satu negara maju di dunia, Jepang ternyata memiliki utang cukup melimpah. Melansir laman World Population Review, negara berjuluk Negeri Matahari Terbit itu terjerat piutang sebanyak lebih dari 9.087 triliun dolar Amerika, atau sama dengan 234,18 persen PDB (Produk Domestik Bruto) Jepang di tahun 2022.

Negara berpenduduk 125,8 juta itu diproyeksikan akan mengalami pertambahan utang di tahun 2023, hingga menyentuh angka 10.846 triliun dolar Amerika.

Jepang diketahui mengalami krisis keuangan global dan melaporkan petumbuhan PDB negatif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sementara itu, pasar modal Jepang juga mengalami penurunan tajam dan membuat pemerintah memberikan injeksi bantuan. Namun, langkah ini justru membuat utang Jepang melambung.

Baca Juga :
10 Negara dengan Utang Terbanyak 2022, Indonesia Termasuk?

2. Yunani

Salah satu negara terindah dan menjadi tujuan wisata bagi para turis di dunia, Yunani, berada di peringkat selanjutnya dengan jumlah utang sebanyak 379 triliun dolar Amerika.

Laman Investopedia menyebut, krisis utang Yunani disebabkan oleh kebijakan fiskal pemerintah yang mengeluarkan dana terlalu banyak untuk berbagai hal. Ekonomi Yunani terekam mengalami pertumbuhan pesat pada 2001 hingga 2008.

Krisis utang Yunani berlangsung di 2010-an dan terjadi hingga masa pandemi Covid-19. Di tahun 2020, rasio utang terhadap PDB Yunani mencapai angka 206,3 persen dan mencapai rekor baru.

Pada 2021, angkanya menurun menjadi 197,3 persen. Meskipun begitu, utang Yunani masih tergolong tinggi dan harus lunas di 2060.

3. Amerika Serikat

Negara adidaya dan super power, Amerika Serikat juga masuk dalam jajaran negara dengan utang terbanyak. World Population Review menyebut, utang Amerika mencapai angka 19,23 triliun dolar Amerika. Utang Amerika yang begitu besar disinyalir lantaran Kongres melanjutkan pengeluaran defisit dan pemotongan pajak.

Baca Juga :
Infografis 10 Negara dengan Utang Terbanyak 2022

Utang yang dimiliki Amerika ini tentunya akan berdampak bagi perekonomian dunia. Jika gagal membayar, maka harga surat utang milik beberapa negara, seperti China dan Jepang, dipastikan akan jatuh. Hal itu akan berpengaruh terhadap perkembangan negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Original Source

Topik Menarik