Indonesia-UEA Kerja Sama di 7 Sektor, Jokowi: Penting di Situasi Penuh Tantangan Saat Ini

Indonesia-UEA Kerja Sama di 7 Sektor, Jokowi: Penting di Situasi Penuh Tantangan Saat Ini

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 2 Juli 2022 - 10:06
share

ABU DHABI, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi kepada Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, atas peningkatan kerja sama antarkedua negara.

Pada Jumat (1/7/2022), Presiden Joko Widodo bertemu dengan Sheikh Mihamed bin Zayed untuk melakukan pertukaran dokumen nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) kemitraan strategis Indonesia-UEA atau Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA).

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Jumat (1/7/2022), Presiden Jokowi mengatakan MoU IUAE-CEPA tersebut memuat kesepakatan kerja sama di 7 sektor, yaitu perdagangan, perubahan iklim, kesehatan, maritim dan perikanan, pertahanan, pendidikan, dan pelabuhan.

Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Presiden MBZ atas persahabatan antara Indonesia dan PEA yang terus meningkat di tengah situasi penuh tantangan sekarang ini, kata Jokowi, di unggahan Instagramnya.

Sebelum melakukan pertukaran dokumen MoU IUAE-CEPA, Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dan dialog dengan sejumlah investor dan pengusaha di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi.

Beberapa pejabat dan pengusaha yang hadir antara lain, Penasehat Keamanan Nasional Persatuan Emirat Arab Sheikh Tahnoun Bin Zayed AL Nahyan, CEO Group G42 Ltd Peng Xiao, CEO Abu Dhabi Holding Mohamed Hassan Al Suwaidi, dan Executive Director Lulu Group Ashraf Ali.

Jokowi mengunhgkapkan, sejumlah topik mengemuka dalam pertemuan itu. Menurutnya, Indonesia dan PEA bisa menjadi mitra yang saling menguntungkan.

Indonesia sebagai pusat dari supply chains dengan kekayaan sumber daya alamnya berupa energi, pangan, dan lain-lain, dan PEA bisa menjadi jendela Indonesia untuk transaksional barang-barang kita ke luar negeri, ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada para investor UEA mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang dibangun sebagai kota masa depan Indonesia.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir, menilai pertukaran MoU IUAE-CEPA merupakan momentum bagi era baru peningkatan perdagangan, investasi, dan ekonomi Indonesia.

Kerja sama ini meningkatkan ekonomi kedua negara. InsyaAllah bermanfaat untuk kita semua, ujar Erick Thohir.

Topik Menarik