Pembelian BBM Bersubsidi Dikontrol Aplikasi, Pertamina: Pembatasan Masih Dibahas

Pembelian BBM Bersubsidi Dikontrol Aplikasi, Pertamina: Pembatasan Masih Dibahas

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 15:26
share

IDXChannel - PT Pertamina (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga mewajibkan pengendara untuk menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mendapatkan BBM bersubsidi dari pemerintah.

Hal tersebut bertujuan dengan harapan pemberian subsidi energi untuk masyarakat bisa tepat sasaran. Sebab Pemerintah melalui Menteri Keuangan melihat subsidi pada sektor energi saat ini masih banyak dinikmati oleh yang mampu.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan saat ini penerapan BBM bersubsidi baru menyasar pengguna kendaraan roda 4 atau lebih. Sedangkan untuk roda dua belum ada aturan ke arah sana.

Jika pemerintah dan Pertamina mengatur pembelian BBM menggunakan aplikasi, maka pemerintah bisa dengan mudah mengontrol dan melihat konsumsi BBM bersubsidi untuk masyarakat. Namun demikian Irto menjelaskan belum ada wacana untuk pembatasan pembelian BBM bersubsidi.

Saat ini fokus utamanya terkait pendaftaran masyarakat untuk mendapatkan BBM bersubsidi. Sedangkan aturan lanjutan terkait mekanisme pemberian dan pengaturan porsi jumlah masih dibahas.

"Belum (bisa dibatasi) kita fokus ke pendaftaran dulu, kita tunggu revisi Perpresnya ya," ujar Irto kepada MNC Portal, Jumat (1/7/2022).

Seperti diketahui mulai 1 Juli masyarakat yang ingin mendapatkan BBM bersubsidi harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, selanjutnya dilakukan verifikasi untuk diputuskan berhak atau tidak mendapatkannya.

Adapun situs untuk melakukan pendataan bisa langsung mengakses website myPertamina melalui subsiditepat.mypertamina.id.

"Dan pendaftaran belum untuk kendaraan roda dua," pungkasnya.

(NDA)

Topik Menarik