Revitalisasi Kawasan Kampung Gembrong, Anies: Rakyat Berhak Dapat Rumah Berkualitas!

Revitalisasi Kawasan Kampung Gembrong, Anies: Rakyat Berhak Dapat Rumah Berkualitas!

Ekonomi | wartaekonomi | Jum'at, 1 Juli 2022 - 14:15
share

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama Baznas Bazis Jakarta menyalurkan bantuan bagi keluarga yang terdampak dari keluarga di kawasan Kampung Pasar Gembong beberapa bulan lalu. Bantuan yang dimaksud dalam hal ini, adalah berupa konsep revitalisasi di kawasan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan melalui revitalisasi yang dilakukan pihaknya, pihaknya ingin menghadirkan wajah dan pemberian nama yang sama sekali baru bagi para masyarakat yang terdampak.

"Setelah ini kita membantu, bantuan pertama adalah untuk membangun hidup dan tempat tinggal sementara. Berbagai dukungan lainnya, mulai administratif sampai tentang kebutuhan dasar. Tapi yang paling penting dari itu, semua adalah pembangunan kembali tempat ini," kata Anies, Jumat (1/7/22).

Anies memaparkan, Kampung Gembrong akan diubah menjadi Kampung Gembira Gembrong dengan 136 unit yang nantinya akan dibangun di atas lahan 1.200 m dengan anggaran 7,8 miliar.

Anies mengatakan, kolaborasi antara seluruh elemen masyarakat bisa membantu mengawasi proses pembangunannya. Selain itu, Anies juga mengatakan bahwa pembangunan ditargetkan selesai pada bulan September.

"Harapannya, konsep yang dibangun di sini adalah konsep menghadap sungai, sungainya jangan dibelakangi, sungainya harus dijadikan sebagai halaman depan," kata Anies.

Dengan begitu, lanjutnya, Kampung Gembira Gembrong bisa menjadi contoh kampung yang dibangun baru dan setara dengan water front seperti konsep pembangunan desa di Inggris.

Lebih lanjut, Anies mengapresiasi pihak yang nantinya akan merevitalisasi secara teknis. Dia juga berharap bisa dikerjakan dengan tepat secara kualitas dan anggaran, sehingga dari pembangunan tersebut akan menghadirkan kenyamanan dan ketenangan.

"Mereka adalah warga di sini, kebanyakan rakyat. Tetapi, mereka adalah rakyat yang berhak mendapatkan tempat rumah berkualitas yang sangat baik," jelas Anies.

Topik Menarik