Pertamina: 80 Persen BBM Subsidi Dinikmati Orang Mampu!

Pertamina: 80 Persen BBM Subsidi Dinikmati Orang Mampu!

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 16:46
share

IDXChannel - PT Pertamina (Persero) akan melakukan pembatasan dalam penyaluran BBM bersubsidi dan Pertalite, salah satunya dengan aplikasi MyPertamina. Hal ini dilakukan karena BBM bersubsidi sebagian besar dinikmati oleh golongan masyarakat mampu dan kaya.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat golongan menegah ke atas yang tergolong mampu.

"Hampir sekitar 60 persen masyarakat menengah ke atas menikmati 80 persen BBM bersubsidi, sedangkan 40 persen masyarakat yang tergolong miskin hanya menikmati 20 persen BBM Bersubsidi" jelasnya dalam konferensi pers di Graha Pertamina, Jakarta, Kamis (30 Juni 2022)

Oleh sebab itu pembatasan yang diberlakukan bertujuan agar distribusi subsidi bisa tepat sasaran.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa pemerintah saar ini sudah mengeluarkan subsidi energi hingga 520 triliun. Dan sebagian besarnya adalah subsidi BBM yakni untuk solar dan pertalite.

"Oleh sebab itu pertamina ditugaskan untuk menyalurkan bbm bersubsidi ini tepat sasaran dan tepat kuota sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah." jelasnya.

Berdasarkan tren konsumsi saat ini, konsumsi pertalite hingga akhir tahun diperkirakan mencapai sekitar 28 juta Kl, sedangkan tahun ini kuotanya 23,05 juta Kl.

"Hingga Mei 2022 realisasi pertalite itu sudah melebihi kuota sekitar 23 persen itu untuk pertalite, bila kita tidak melakukan pengaturan maka ada prognosa kita akan melebihi kuota yang ditentukan" tutupnya. ( RRD )

Topik Menarik