Presiden Jokowi Bertemu Zelensky di Kiev, Ini 4 Poin Penting yang Dibahas

Presiden Jokowi Bertemu Zelensky di Kiev, Ini 4 Poin Penting yang Dibahas

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 11:26
share

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Marvinsky, Kiev pada Rabu (29/6/2022). Setelah menempuh perjalanan selama 11 jam dari Polandia, Jokowi menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina yang dilanda konflik.

Berikut beberapa hal yang dibahas kedua pemimpin dalam pertemuan mereka:

1. Kepedulian Indonesia pada Ukraina

Kepada Presiden Zelensky, Jokowi mengatakan bahwa lawatannya ke Kiev di tengah konflik berkecamuk antara Ukraina dan Rusia salah satunya adalah bentuk kepedulian Indonesia terhadap situasi di negara itu. Saat ini Ukraina mengalami kehancuran hebat, dengan jutaan warganya menjadi korban akibat operasi militer yang dilancarkan Rusia sejak 24 Februari lalu.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari pernyataan tertulis, Rabu.

Jokowi juga menyampaikan rasa peduli yang mendalam terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Disampaikan bahwa Pemerintah Indonesia akan berusaha memberikan bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kiev.

2. Penegasan posisi Indonesia terkait konflik Ukraina-Rusia

Dalam pertemuan dengan Zelensky, Presiden Jokowi kembali menegaskan pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan kepada Zelensky bahwa penyelesaian secara damai dan spirit perdamaian tidak boleh luntur.

Jokowi juga menawarkan diri untuk menjadi pembawa pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," jelas Jokowi.

Topik Menarik