Presiden Jokowi dan Zelensky Lakukan Pertemuan, Apa Hasilnya?

Presiden Jokowi dan Zelensky Lakukan Pertemuan, Apa Hasilnya?

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 08:53
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Joko Widodo) akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 11 jam dari Polandia menuju Ukraina.

Dikutip dari VOA Indonesia, Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Zelensky di Istana Marvinsky, Kyiv Ukraina pada Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat.

Jokowi menyatakan bahwa kunjungan kerjanya ke Ukraina kali ini merupakan sebuah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari pernyataan tertulis, Rabu (29/6/2022).

Dalam kesempatan ini, Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun dirasa sulit untuk dicapai, mantan Gubernur DKI Jakarta ini tetap mengatakan kepada Zelensky bahwa penyelesaian secara damai dan spirit perdamaian tidak boleh luntur.

Topik Menarik