Setuju Proses Naturalisasi Jordi Amat Dibatalkan, Ketua Komisi X DPR RI Beberkan Alasannya

Setuju Proses Naturalisasi Jordi Amat Dibatalkan, Ketua Komisi X DPR RI Beberkan Alasannya

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 20:33
share

JAKARTA Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, menyampaikan pernyataan menohok karena ingin proses naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia , Jordi Amat , dibatalkan. Kini, Syaiful Huda pun secara blak-blakan menyampaikan alasannya mengeluarkan pernyataan itu.

"Saya setuju naturalisasi Jordi Amat dibatalkan. Kita minta STY (Shin Tae-yong) dan Kemenpora bersikap tegas," tulis Syaiful dalam unggahan di instagram pribadinya (@syaifulhooda), Rabu (29/6/2022).

Jordi Amat

Mencari jawaban atas pernyataan itu, MNC Portal Indonesia (MPI) langsung menghubungi Syaiful untuk meminta tanggapan. Kepada MPI, Syaiful mengaku gerah dengan proses naturalisasi Jordi Amat.

Tidak hanya itu, ia juga mengkritik perihal proses naturalisasi yang terlalu sering. Menurutnya, semua pihak harus mengerti bahwa proses naturalisasi tidak bisa dilakukan sembarangan.

"Ya, memang pertama konsen kita itu jangan sampai naturalisasi jadi barang \'murah\'. Jadi, harus ada pembatasan (naturalisasi), itu harus jadi perhatian semua pihak," kata Syaiful kepada MNC Portal Indonesia melalui sambungan telefon, Rabu (29/6/2022).

"Terlebih, naturalisasi di sepakbola. Kasus Jordi ini memberikan contoh kepada kita betapa proses naturalisasi itu harus benar-benar dipertimbangkan sebelum diajukan," sambungnya.

"Saya lebih setuju pembinaan dini, naturalisasi itu kan jangka pendek. Yang kita butuhkan itu kan jangka panjang. Itu yang saya maksud di status IG, karena jangka panjangnya tidak jelas seolah-olah kita harus terus naturalisasi. Itu kan enggak sehat," tambahnya.

"Kalau untuk kebutuhan jangka panjang sih oke, sebagaimana saya juga oke dengan yang sebelumnya," tambahnya lagi.

Topik Menarik