Powerbrain Raih Pendanaan Pre-seed dari Achmad Zaky Foundation, Dorong Percepatan Nol Emisi Karbon

Powerbrain Raih Pendanaan Pre-seed dari Achmad Zaky Foundation, Dorong Percepatan Nol Emisi Karbon

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 28 Juni 2022 - 16:43
share

JAKARTA - Powerbrain Automasi Energi, perusahaan pengembang teknologi efisiensi energi, meraih pendanaan tahap paling awal atau pre-seed dari Achmad Zaky Foundation dalam rangka mendorong percepatan nol emisi karbon ( net zero emissions ).

Pendanaan ini akan digunakan oleh Powerbrain untuk memperkuat fondasi bisnis dan memperluas pangsa pasar Powerbrain di bidang smart energy management .

Founder dan CEO Powerbrain Irvan Farasatha mengatakan, untuk merealisasikan kedua sasaran yang disebutkan di atas, pihaknya akan fokus kepada penguatan pengembangan teknologi dan sumber daya manusia.

Kami percaya, pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, termasuk juga dukungan keahlian dan pengalaman Achmad Zaky di industri start up Indonesia akan semakin memperkaya sekaligus memperkuat Powerbrain dari sisi teknologi maupun sumber daya manusia, ujar Irvan dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Selasa, 28 Juni 2022.

Irvan menyampaikan, Powerbrain didirikan pada tahun 2020 dengan membawa misi untuk menghadirkan layanan efisiensi energi berbasis teknologi yang berdampak positif terhadap kelangsungan bisnis para mitra, masyarakat, dan lingkungan.

Untuk menuntaskan misi tersebut, Powerbrain menawarkan empat produk unggulan, yaitu manajemen energi, energi terbarukan, manajemen aset, dan solusi pengisian tenaga kendaraan listrik.

Irvan berharap pendanaan dari Achmad Zaky Foundation dapat membantu percepatan realisasi transisi energi yang berkelanjutan ( sustainable energy transition ) untuk mendukung target pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam mencapai nol emisi karbon pada tahun 2060.

Sementara itu, Achmad Zaky selaku founder Achmad Zaky Foundation, mengatakan bahwa Powerbrain, yang bergerak di bidang smart energy management untuk membantu pengelolaan konsumsi energi, memiliki kesamaan visi dengan organisasi nonprofit yang didirikannya itu.

Achmad Zaky Foundation pun sudah melakukan kajian yang komprehensif terhadap Powerbrain dengan mempertimbangkan kesamaan misi dalam menciptakan dampak sosial yang tinggi.

Investasi Achmad Zaky Foundation kepada Powerbrain guna membantu pendanaan perusahaan start up teknologi yang memiliki value dan potensi untuk terus tumbuh secara berkelanjutan menjadi perusahaan yang kompetitif serta berdampak luas bagi kemajuan Indonesia, ujar Zaky yang merupakan co-founder dari Bukalapak.

Disampaikan oleh Zaky, konsumsi energi merupakan kontributor yang paling dominan terhadap perubahan iklim dengan sumbangan hampir 90% dari emisi karbon secara global.

Pemerintah mendorong implementasi teknologi pintar dan bersih, baik dalam konteks efisiensi energi, pengurangan emisi, maupun pengembangan energi terbarukan. Dengan kesepakatan investasi ini kami berharap dapat mendukung kemajuan bisnis Powerbrain sehingga memberikan dampak yang lebih besar, tutur Zaky.

Co-founder dan CMO Powerbrain Rilwanu Lukman Amrullah menyampaikan, perusahaan untuk ke depannya akan menghadirkan produk dan layanan yang lebih inovatif dalam menghadirkan efisiensi energi dan finansial untuk para mitra.

Untuk saat ini, dengan teknologi Powerbrain, mitra dapat terbantu dari segi pengurangan biaya operasional dan meningkatkan nilai bangunan.

Dikatakan oleh Rilwanu, secara keseluruhan, Powerbrain membuat pemakaian listrik di tempat usaha mitra menjadi lebih efisien dan mampu mengurangi tagihan listrik hingga 20%-30%.

Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation akan menciptakan ruang gerak bagi Powerbrain untuk menghadirkan beragam inovasi sehingga efisiensi konsumsi energi bisa semakin ditingkatkan dan memperkuat finansial para mitra serta menjaga lingkungan yang berkelanjutan, kata Rilwanu.

Sebagai informasi, Powerbrain adalah perusahaan yang menjalankan usahanya secara business-to-business (B2B) untuk penyediaan teknologi efisiensi energi .

Powerbrain telah menjalin kemitraan dengan puluhan perusahaan besar, di antaranya Pertamina, Mitsubishi Motors, Bukalapak, Shopee, Net, Kimia Farma, DB Schenker, dan Suvarna Jakarta.

Topik Menarik