AS Desak Negara G7 Larang Impor Emas dan Sanksi Minyak Rusia

AS Desak Negara G7 Larang Impor Emas dan Sanksi Minyak Rusia

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 09:43
share

IDXChannel Presiden Amerika Serikat Joe Biden meminta para sekutunya melawan Rusia dalam pertemuan pemimpin G7 pada Minggu (26/6/2022). Pertemuan tersebut juga membahas mengenai dampak perang di Ukraina terhadappasokan makanan dan energi serta ekonomi global.

Pada awal pertemuan, empat dari negara G& sepakat untuk melarang impor emas Rusia. Keempat negara tersebut yaitu Inggris, Amerika Serikat, Jepang dan Kanada. Hal itu untuk memperketat sanksi untuk menekan Rusia dan memotong saran pembiayan invasi ke Ukraina.

Namun, langkah tersebut belum dipastikan dalam konsesus G7. Adapun Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, mengatakan masalah tersebut perlu ditangani dengan hati-hati dan didiskusikan lebih lanjut.

Di sisi lain, Inggris menyatakan larangan impor emas ditujukan untuk orang kaya Rusia yang telah membeli aset aman tersebut untuk mengurangi dampak finansial dari sanksi Barat. Sejauh ini, data mencatat ekspor emas Rusia mencapai USD15,5 miliar tahun lalu.

Para pemimpin G7 yaitu Inggris, Prancis, AS, Jerman, Jepang, Italia, dan Kanada juga membahas kemungkinan pembatasan harga minyak Rusia. Seorang pejabat kepresidenan Prancis mengatakan Paris akan mendorong pembatasan harga minyak dan gas, serta terbuka untuk membahas proposal itu dengan AS.

Adapun, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 tidak hanya dihadiri oleh tujuh negara anggota. Tuan rumah G7, Kanselir Jerman Olaf Scholz turut mengundang Senegal, Argentina, Indonesia, India, dan Afrika Selatan sebagai negara mitra kelompok tersebut. (FRI)

Topik Menarik