Diragukan, Klaim Myanmar Musnahkan Narkoba Sitaan Rp7,4 Triliun

Diragukan, Klaim Myanmar Musnahkan Narkoba Sitaan Rp7,4 Triliun

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 22:23
share

YANGON Pihak berwenang Myanmar mengatakan, mereka membakar narkotika senilai lebih dari USD500 juta (Rp7,4 triliun) pada Minggu (26/6/2022). Ini sebagai bagian dari upaya pemberantasan Hari Narkoba Sedunia, ketika PBB memperingatkan bahwa produksi metamfetamin di kawasan itu mencapai rekor tertinggi.

Hampir dua ton heroin dan lebih dari 630 juta pil shabu "yaba" hangus dalam upacara di pusat komersial Myanmar Yangon, pusat kota Mandalay dan negara bagian Shan di utara, kata pihak berwenang.

Baca: Junta Myanmar Pindahkan Aung San Suu Kyi ke Sel Isolasi

Tetapi beberapa analis memperingatkan bahwa api unggun senilai USD642 juta adalah bagian dari permainan asap dan cermin yang telah berlangsung lama yang dimainkan oleh pemerintah junta yang tidak serius menangani masalah tersebut.

Pembakaran yang disiarkan televisi mewakili delusi selama satu dekade tentang industri obat-obatan Myanmar bernilai miliaran dolar, kata analis independen David Mathieson kepada AFP.

"Militer berpura-pura serius dengan pemberantasan narkoba dan Barat berpura-pura mempercayai mereka," lanjutnya. Ada keterlibatan militer aktif dalam melindungi produksi narkoba skala besar untuk memastikan stabilitas di zona konflik," tambah Mathieson.

Baca: Pelapor Khusus PBB: Junta Myanmar Siksa dan Bunuh Anak-anak

Ini termasuk negara bagian Shan - sumber utama shabu di Asia Tenggara menurut PBB. Negara adalah rumah bagi milisi dan telah melihat kekerasan yang relatif sedikit terhadap militer sejak para jenderal Myanmar merebut kekuasaan dalam kudeta tahun lalu.

Pada upacara di Yangon, bundel sabu yang dibungkus dengan kemasan teh China yang tampak tidak berbahaya diletakkan di samping batu bata ganja serta kantong ketamin dan MDMA. Serangkaian ledakan kecil membuat selundupan itu terbakar sebelum gumpalan asap hitam tebal mengepul ke langit.

Petugas pemadam kebakaran bergerak untuk keselamatan dan petugas polisi mengambil foto narsis dengan latar belakang kobaran api sementara musik pop Burma menggelegar melalui pengeras suara.

Baca: Junta Myanmar Dituduh Bakar Ratusan Rumah di Tiga Desa

Bulan lalu, PBB mengatakan penegakan hukum di Asia Tenggara dan Asia Timur menjaring hampir 172 ton sabu pada tahun 2021 - sekitar tujuh kali lebih banyak dari satu dekade lalu. Lonjakan pasokan telah mengirim harga jalanan di Thailand dan Malaysia jatuh ke posisi terendah sepanjang masa.

Dari negara bagian Shan, obat-obatan tersebut semakin banyak dikirim ke Laos, lalu Thailand sebelum mencapai Malaysia, di mana mereka kemudian diperdagangkan ke negara-negara di seluruh Asia-Pasifik, kata laporan PBB.

(esn)

Topik Menarik