G7 Larang Impor Emas Rusia, Biden: Selama Ini Hasilkan Puluhan Miliar Dolar untuk Moskow

G7 Larang Impor Emas Rusia, Biden: Selama Ini Hasilkan Puluhan Miliar Dolar untuk Moskow

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 18:03
share

JAKARTA, iNews.id Presiden AS Joe Biden mengungkapkan bahwa Kelompok Tujuh (G7) berencana untuk melarang impor emas dari Rusia. Langkah tersebut bakal menjadi sanksi terbaru dari kelompok negara-negara ekonomi maju itu atas operasi militer Moskow di Ukraina.

Bersama-sama, G7 akan mengumumkan bahwa kami akan melarang impor emas Rusia, ekspor utama yang menghasilkan puluhan miliar dolar untuk Rusia, kata Biden di media sosial, Minggu (26/6/2022).

Sehari sebelumnya, media Inggris dengan mengutip pemerintah setempat melaporkan bahwa Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang akan melarang emas yang baru ditambang Rusia. Sanksi tersebut tidak akan memengaruhi ekspor emas Rusia sebelum larangan tersebut berlaku.

Para pemimpin G7 mengadakan pertemuan puncak di Bavaria, Jerman. Dalam KTT tersebut, mereka diperkirakan bakal mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia.

Biden mengklaim, AS telah membebankan biaya yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Rusia. Langkah itu sebagai upaya untuk mencegah masuknya aliran pendapatan yang dibutuhkan Moskow untuk mendanai operasi militernya di Ukraina.

KTT G7 digelar dari Minggu (26/6/2022) hingga Selasa (28/6/2022).

Topik Menarik