Malaysia Siapkan Anggaran BLT dan Subsidi Rp264 Triliun Atasi Inflasi

Malaysia Siapkan Anggaran BLT dan Subsidi Rp264 Triliun Atasi Inflasi

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 15:43
share

JAKARTA - Malaysia menyiapkan anggaran 77,3 miliar ringgit atau setara USD17,6 miliar (setara Rp264 triliun) untuk belanja subsidi dan bantuan tunai tahun ini. Anggaran subsidi tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah untuk meredam inflasi yang terjadi di Negeri Jiran itu.

Seperti diketahui, harga barang telah melonjak di Malaysia dalam beberapa bulan terakhir karena gangguan pasokan, kekurangan tenaga kerja serta dampak perang di Ukraina. Inflasi meningkat hingga 5,2% dibanding tahun sebelumnya per bulan Mei. Inflasi yang banyak disumbang sektor makanan ini tertinggi sejak 2011.

Menteri keuangan Malaysia Tengku Zafrul Aziz mengatakan, pemerintah bakal menghabiskan 51 miliar ringgit untuk subsidi bahan bakar, listrik dan makanan untuk menjaga pasar komoditas tetap berada pada level yang stabil. Termasuk menyalurkan bantuan tunai sebesar 11,7 miliar ringgit dan subsidi lain sebesar 14,6 miliar ringgit, ucapnya, seperti dikuti Reuters, Sabtu (26/6/2022).

Per Juni 2022 Malaysia mengucurkan anggaran hingga USD400 juta dalam membantu penduduk rumah tangga di Malaysia mengatasi harga-harga kenaikan makanan dan biaya hidup lainnya.

Topik Menarik