Loading...
Loading…
Penampakan Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sumbar, Gubernur : Untuk Korban Gempa

Penampakan Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sumbar, Gubernur : Untuk Korban Gempa

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Inews | Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:04

PADANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo kembali menyumbangkan sapi kurban untuk Sumatera Barat pada momentum Idul Adha 1443 Hijriah. Sapi PO berbobot fantastis ini dibeli dari peternak lokal asal Kabupaten Pasaman.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, sapi kurban Presiden akan dialokasikan ke daerah Pasaman dan Pasaman Barat. Khususnya untuk membantu para korban gempa yang sebagian besar masih tinggal di tenda atau gubuk seadanya.

Biasanya sapi kurban dari Presiden setiap tahun disemblih di Masjid Raya Sumatera Barat. Tahun ini kami distribusikan ke daerah untuk membantu korban bencana, kata Mahyeldi di Padang, Sabtu (25/6/2022).

Menurutnya daging sapi kurban itu lebih tepat dibagikan pada masyarakat terdampak bencana karena manfaatnya akan lebih besar.

Selain sapi kurban Presiden, sapi dari Pemprov Sumbar rencananya juga akan didistribusikan ke daerah pelosok Sumbar.

Tahun ini rencananya tim mengunjungi daerah Galugua, Limapuluh Kota saat momentum Idul Adha, ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi menyebutkan, sapi kurban Presiden tahun ini jenis sapi PO lokal yang diternakkan petani Pasaman.

Biasanya kan sapi jenis simental atau limousin. Namun tahun ini para peternak di Pasaman meminta agar sapinya berasal dari daerah itu, ucapnya.

Kondisi saat ini penyakit PMK tengah mewabah, termasuk di Sumbar. Salah satu kebijakan mengurangi perjalanan sapi untuk mengurangi potensi terpapar. Karena itu diputuskan untuk memilih sapi lokal.

Sapi PO lokal itu menurutnya saat ini masih di kandang pemiliknya untuk dirawat hingga waktu penyembelihan, sekaligus mengantisipasi agar tidak terkena penyakit PMK.

Sapi PO lokal yang dipilih itu seberat 0,9 ton. Tim secara berkala meninjau kondisi hingga waktu pemotongan, katanya.

Original Source

Topik Menarik