Loading...
Loading…
Atasi Masalah Pangan hingga Pertumbuhan Ekonomi, Ini Strategi Presiden Jokowi

Atasi Masalah Pangan hingga Pertumbuhan Ekonomi, Ini Strategi Presiden Jokowi

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Okezone | Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:24

JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mendorong semua pihak untuk bersama mengatasi masalah ketahanan pangan dan menjaga stabilitas keuangan.

"Pertama, sinergi untuk mengatasi emerging challenges. Sebagai Presiden G20 dan bagian dari Global Crisis Response Group, Indonesia akan terus berkontribusi untuk mengatasi masalah-masalah ketahanan pangan, energi, dan stabilitas keuangan. Saya mencatat banyak inisiatif lain dari berbagai pihak. Berbagai inisiatif yang ada tersebut harus saling bersinergi dan saling memperkuat, harus memperhitungkan suara negara-negara berkembang, harus mengedepankan dialog," ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya secara virtual pada High-level Dialogue on Global Development dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/6/2022).

Kedua, Presiden Jokowi mendorong negara-negara untuk memperkuat kemitraan global untuk SDGs dengan fokus pada pendanaan pembangunan.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa kesenjangan pendanaan SDGs yang meningkat dari USD2,5 triliun per tahun sebelum pandemi menjadi USD4,2 triliun per tahun pascapandemi harus segera ditutup.

Selain itu, menurut Presiden Jokowi, pendanaan inovatif harus dimajukan, terutama peranan sektor swasta harus diperkuat.

Dia menyebut BRICS (Brazil, Russia, India, China, and South Africa) harus dapat menjadi katalis bagi penguatan investasi di negara-negara berkembang.

Original Source

Topik Menarik