Puluhan Ternak di Jambi Terindikasi PMK, Diduga Terpapar dari Sumatera Barat

Puluhan Ternak di Jambi Terindikasi PMK, Diduga Terpapar dari Sumatera Barat

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 23:36
share

MERANGIN, celebrities.id - Peternak sapi di tiga desa di Kabupaten Merangin, Jambi, yakni Desa Meranti, Desa Lantak Seribu dan Desa Bukit Bungkul mulai resah. Pasalnya, puluhan ternak sapi milik warga terindikasi tertular virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Camat Renah Pamenang, Kusmanto bersama Kepala Desa Meranti yang mendapatkan informasi tersebut langsung turun ke rumah peternak.

Hasil tinjauan, dua ekor ternak sapi jenis Limosin mengalami sakit yang ciri-cirinya mirip seperti gejala PMK.

"Kita langsung cek bersama pak kades. Dari keterangan peternak, sapi tersebut tertular dari sapi titipan kawannya yang diperoleh dari daerah Solok, Sumatera Barat," katanya, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, sapi tersebut berjumlah enam ekor, saat ini penyebarannya ada di Meranti, Lantak Seribu dan Bukit Bungkul.

"Kita juga akan cek dan laporkan ke pihak terkait untuk segera diambil sampelnya untuk memastikan apakah sapi-sapi ini benar terjangkit PMK atau tidak," tutur Kusmanto.

Untuk mengantisipasi penyebarannya, sambung dia, pihaknya dan desa akan terus memonitor mobilisasi ternak sapi apalagi tidak lama lagi Idul Adha.

Disamping itu, pihaknya juga sudah perintahkan ternak sapi yang terindikasi terjangkit PMK, untuk tidak diperjualbelikan dulu sambil menunggu hasil labor pihak terkait.

"Ke depan untuk jual beli ternak khususnya sapi wajib melampirkan surat sehat ternak yang dikeluarkan oleh dokter hewan wilayah bersangkutan," tuturnya.

Topik Menarik