Nasihat Emas dari Warren Buffet, Apabila Dijalankan Bisa Jadi Miliarder

Nasihat Emas dari Warren Buffet, Apabila Dijalankan Bisa Jadi Miliarder

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 23 Juni 2022 - 11:35
share

OMAHA Warren Buffett membagikan nasihat emas, apabila dijalankan bisa menjadi miliarder . Selama hidupnya, Warren sebagai penasihat bagi investor dan pebisnis di seluruh dunia.

Ia sering memberikan petuah yang dapat mengubah hidup setiap kali berbicara. Baik pensiun sebagai jutawan, membangun kekayaan seseorang selama karir kerja mereka atau hanya mencapai rasa sukses secara umum.

Berikut nasihat emas Warren Buffett bisa dijalankan oleh siapa saja:

1. Pay Yourself First

Saat pandemi terjadi, memiliki bantalan tabungan yang sehat untuk dijadikan sandaran sangat penting untuk keamanan finansial. Memperlakukan tabungan bulanan sama dengan tagihan yang tidak dapat dinegosiasikan alih-alih kontribusi opsional adalah salah satu nasihat paling terkenal dari Warren Buffett.

2. Hati-hati Belanja Boros Merek Terkenal

Salah satu aspek yang membedakan Warren Buffett dari individu kaya lainnya adalah gaya hidupnya yang sangat hemat. mFaktanya, beberapa kemewahan kelas atas yang dimiliki sering kali merupakan barang bekas atau jarang digunakan.

Selain itu, tampaknya fokus investasi Buffett melampaui investasi arus utama. Dengan mempertimbangkan pembelian kelas atas sebagai investasi, Warren Buffett dapat membeli kemewahan ini dengan potensi menghasilkan keuntungan darinya di masa depan jika dia memutuskan untuk menjualnya kembali.

3. Hati-hati Pinjam Uang

Dalam banyak kesempatan, Warren Buffett kerap berkomentar: "Jika Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan, Anda akan segera menjual barang-barang yang Anda butuhkan."

Terikat dengan aturan pemborosan, Warren Buffett memperingatkan agar tidak hidup di luar kemampuan seseorang dan berakhir pada posisi di mana pinjaman mutlak diperlukan.

4. Jangan Investasi dengan Uang Pinjaman

Bertaruh dengan uang pinjaman selalu tidak disarankan dan dipandang rendah, dan hanya karena investasi adalah bentuk perjudian yang lebih diterima secara sosial seharusnya tidak mengubah pandangan ini.

5. Mendapatkan Nilai Tinggi dengan Harga Murah

Mengutip gobankingrates.com, dalam surat pemegang saham Berkshire Hathaway 2008, Buffett membagikan prinsip kunci lainnya: Harga adalah apa yang Anda bayar; nilai adalah apa yang Anda dapatkan.

Kehilangan uang bisa terjadi saat Anda membayar harga yang tidak sesuai dengan nilai yang Anda dapatkan seperti saat Anda membayar bunga tinggi untuk utang kartu kredit atau membelanjakan barang yang jarang.

6. Membentuk Kebiasaan Pengelolaan Keuangan yang Sehat

Dalam pidato tahun 2007 di University of Florida, Buffett berkata, "Sebagian besar perilaku adalah kebiasaan, dan mereka mengatakan bahwa rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan." Berusahalah membangun kebiasaan uang yang positif, dan hentikan kebiasaan yang merugikan dompet Anda.

7. Memberi Kepada yang Membutuhkan

Menurut Forbes, Buffett pernah berkata, "Jika Anda berada di kelompok 1% paling beruntung dari umat manusia, Anda berhutang kepada seluruh umat manusia untuk memikirkan 99% lainnya." Dan sebagai anggota dari kelompok 1% itu sendiri, Buffett berusaha keras untuk mendonasikan kembali pendapatan yang diterimanya.

Bersama dengan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates, Buffett adalah pendiri The Giving Pledge, yang merupakan janji yang dibuat oleh lebih dari 100 miliarder untuk memberikan kekayaan mereka.

(nng)

Topik Menarik