Barang Asing Dominasi Pasar E-Commerce Indonesia, Erick Thohir: Itu Realita

Barang Asing Dominasi Pasar E-Commerce Indonesia, Erick Thohir: Itu Realita

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 19:08
share

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kekesalannya karena banyakproduk asing yang dijual di e-commerce Indonesia. Erick menilai platform pasardigital di Indonesia lebih didominasi oleh produk asing dibanding produk asliIndonesia.

Selain itu, Erick juga geram melihat banyaknya pinjamanonline ilegal yang sering melakukan penipuan di Indonesia. Pinjaman yangberkedok pendanaan tersebut sering dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

"Kita bicara e-commerce, barangnya asing. Itu realita.Fintech bukannya bagus malah tempat penipuan pinjol," ujar Erick Thohirsaat mengisi Kuliah Umum di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Selasa,21 Juni 2022.

Padahal menurut Erick, ekonomi digital di Indonesia memilikipotensi besar hingga tembus Rp1.736 triliun. Ia juga memaparkan bahwa ekonomidigital didominasi oleh sektor e-commerce pada 2025 mendatang melalui penjualanproduk lokal.

Erick juga menyebutkan bahwa hasil riset Southeast Asiae-Conomy Report 2020, pasar ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 diproyeksiberkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 10%.

Terlebih data tersebut juga didukung oleh sumber dariStartup Indonesia, di mana jumlah mobile connections mencapai 345,3 juta atau125,6% dari total penduduk.

Mantan bos Inter Milan tersebut juga menyebut bahwadisrupsi digital yang dihadapi bangs ini bukan hanya sebagai tantanganmelainkan juga peluang untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Topik Menarik