Dinilai Berpengalaman, Pengamat Sebut Erick Thohir Mampu Sukseskan Peringatan Satu Abad NU

Dinilai Berpengalaman, Pengamat Sebut Erick Thohir Mampu Sukseskan Peringatan Satu Abad NU

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 11:33
share

Menteri BUMN Erick Thohir diberikan amanat untuk menjadiKetua Stering Comitee (SC) pada acara peringatan 100 tahun atau satu abad NahdlatulUlama (NU). Pengamat politik menilai, Erick memiliki pengalaman yang mumpunisehingga akan mampu menyukseskan acara tersebut.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review dan pengajarUniversitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menyebut track record Erickterbilang sukses setiap kali diberi amanah untuk melaksanakan sejumlah tugas.Salah satunya saat dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games(INASGOC) pada tahun 2018 yang berjalan sukses.

"Kelihatan ketika itu ketika Erick Thohir suksesmenjadi panitia Asian Games mungkin itu catatan yang digunakan oleh NU sehinggaErick Thohir dijadikan ketua panitia," ungkap Ujang dalam keterangan pers,Selasa, 21 Juni 2022.

Erick juga dinilai memiliki kedekatan dengan NU sehinggadipercaya untuk memimpin acara penting tersebut. Hal itu diungkap oleh pengamatPolitik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko, yang menilai kedekatan Erick denganNU karena sejumlah program yang dijalankan untuk pesantren dan santri.

"Erick Thohir dan NU sekarang sangat dekat sekali.Misalkan Erick dalam kegiatan Harlah," jelas Anang

Kementerian BUMN memang banyak melaksanakan program untuk pondokpesantren dan santri mengingat Erick sendiri adalah Ketua Masyarakat EkonomiSyariah (MES).

"Itu menunjukkan upaya mendekat atau sudah dekatnyaErick Thohir. Yang pasti ada beberapa poin Erick Thohir secara agresif mencobauntuk merangkul NU, menjadikan NU sebagai lembaga kesayangan," katanya

Sementara itu, Erick Thohir telah menyatakan kesiapannyauntuk melaksanakan amanah yang diberikan oleh PBNU. Ia juga ingin momenperingatan Harlah NU Kebangkitan Baru tersebut menjadi upaya NU untuk membangkitkanekonomi, pendidikan, tenokrasi dan lain-lain.

"Bagaimana menuju satu abad NU ke depan ini adakebangkitan untuk NU menjadi juga yang namanya ekonomi dan juga pendidikan,teknokrasi, dan lain-lainnya," jelasnya.

Topik Menarik