Lewat Buku Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina, Yuddy Chrisnandi Ungkap Kisahnya Selama Jadi Dubes

Lewat Buku Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina, Yuddy Chrisnandi Ungkap Kisahnya Selama Jadi Dubes

Ekonomi | wartaekonomi | Rabu, 22 Juni 2022 - 08:37
share

Mantan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi meluncurkan buku "Cinta Keduaku Berlabuh Di Ukraina" yang mengungkapkan tentang perjalanannya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Ukraina sejak tahun 2017 hingga menceritakan detik-detik Ukraina diinvasi Rusia.

Meskipun buku tersebut berisi memori selama menjadi Dubes, tetapi buku itu tidak ditulis seperti membuat laporan ataupun seperti catatan harian. Ia menyampaikan bahwa buku itu ditulis dengan gaya novel style seperti dia bercerita agar tidak membosankan bagi pembacanya.

Yuddy menambahkan, meski gaya penulisan buku tersebut bertutur seperti novel namun tetap membahas hal-hal ilmiah yang berkaitan dengan diplomasi. Dengan menghadirkan momen-momen situasi sosial dan politik yang dirasakan selama di Ukraina, buku itu pula akan mengantarkan para pembacanya pada satu pemahaman mengapa Ukraina melawan.

"Buku ini akan membuat kita paham tentang sejarah karena di buku ini tidak hanya bercerita apa yang saya lakukan tetapi menceritakan bagaimana sejarah Ukraina, bagaimana sejarah diplomasi Indonesia, apa yang saya rasakan, apa yang saya lakukan, dan apa yang dapat kita berikan untuk perdamaian dunia ini," ungkapnya.

Buku ini tentu mudah-mudahan bermanfaat untuk bidang studi hubungan internasional, untuk para calon diplomat yang akan menjadi duta besar dan lebih jauh dari itu buku ini akan menjadi perekat kebudayaan persahabatan dan nilai-nilai luhur persahabatan bangsa kita Indonesia tercinta dan bangsa Ukraina, lanjut Yuddy di hadapan sejumlah tokoh daerah yang hadir dalam acara tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa hasil penjualan buku tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat Ukraina sebagai misi kemanusiaan yang akan disampaikan melalui Dubes Ukraina untuk Indonesia.

"Tadi saya sampaikan buku ini akan saya jual lebih mahal kepada khalayak umum yang tidak berkesempatan hadir dan hasil penjualan buku ini akan saya sumbangkan bagi masyarakat Ukraina yang memerlukan bantuan," tutupnya.

Diketahui, hadir menjadi pembicara dalam acara launching ini diantaranya Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia, H.E. Dr. Vasyl Hamianin; Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia dan Direktur Sekolah Pasca Sarjana Universitas Nasional, Prof. Dr. Maswadi Rauf; Profesor Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ibnu Hamad; Dekan FISIP Universitas Padjajaran, Dr. Widya Setiabudi Sumadinata; Pimpinan Harian Umum Pikiran Rakyat, Januar P Ruswita.

Sementara itu, Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin berharap karya dan kinerja Yuddy itu diharapkan bisa menjadi jembatan bagi persahabatan antara Ukraina dan Indonesia.

Menurutnya kemanusiaan dan perdamaian adalah harta yang paling besar yang dimiliki oleh sebuah negara. Dia pun berharap serangan yang terjadi di Ukraina menjadi serangan yang terakhir bagi demokrasi dan perdamaian yang ada di dunia.

"Saya akan belajar bahasa Indonesia lebih lancar lagi untuk bisa membaca buku Pak Yuddy, saya harap Pak Yuddy juga bisa membuat lebih banyak buku lagi," kata Vasyl.

Topik Menarik