Intip Gaji Pilot Garuda Indonesia, Angkanya Capai Rp50 Juta per Bulan

Intip Gaji Pilot Garuda Indonesia, Angkanya Capai Rp50 Juta per Bulan

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 19:41
share

JAKARTA Pilot Garuda Indonesia kerap menjadi sorotan masyarakat, apalagi pendapatannya. Seperti yang diketahui, maskapai penerbangan Garuda Indonesia merupakan salah satu yang terbaik dan cukup populer di Indonesia.

Layaknya pekerjaan lain, seorang pilot pun bisa mendapatkan gaji yang berbeda dengan lainnya. Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dari jenis maskapai tempat bekerja, faktor pengalaman, ukuran pesawat yang diterbangkan, hingga jabatan atau pangkat yang dimilikinya.

Lantas, berapakah gaji pilot Garuda Indonesia? Bersumber dari situs infogaji, berikut ulasannya :

1. Second Officer

Dalam pengertiannya, Second Officer merupakan seorang Co-Pilot, namun pangkatnya lebih tinggi dari Cadet Pilot. Salah satu syarat yang harus dipenuhi saat menjadi Second Officer ini adalah telah memiliki jam terbang sekitar 150 jam.

Estimasi gaji Second Officer untuk maskapai seperti Garuda Indonesia adalah sekitar Rp18.000.000 setiap bulannya.

2. First Officer

FO atau First Officer memiliki penanda tiga garis yang warnanya sama dengan milik seorang Captain. Biasanya, FO ini duduk di bagian sebelah kanan dari pesawat. Dari jenisnya, FO terbagi menjadi Junior First Officer dan Senior First Officer. Perbedaan tersebut didasarkan pada pengalaman serta jam terbang yang dimiliki.

Estimasi gaji untuk seorang First Officer maskapai Garuda Indonesia adalah sekitar Rp35.000.000 per bulannya.

3. Captain

Seorang Captain memiliki penanda empat garis yang berwarna emas, meski ada juga yang menggunakan warna putih. Dalam bertugas, Captain juga bisa disebut sebagai Pilot In Command (PIC). Artinya adalah pemimpin tertinggi dalam pesawat dengan kaitannya pada keamanan dan keselamatan penerbangan.

Estimasi gaji untuk seorang Captain maskapai Garuda Indonesia adalah sekitar Rp50.000.000 per bulan.

4. Flight Engineer

Pada posisi FE atau Fleet Engineer, penanda yang dimiliki biasanya berupa tiga garis. Sebagian maskapai menambahkan garis bayangan berwarna ungu diantara garis pangkat dan seragamnya.

Dalam tugasnya, FE berada di belakang Captain dan First Officer. Tugasnya adalah memonitor dan bertanggung jawab atas bekerjanya sistem pesawat tersebut. 5. Cadet Pilot

Dalam pengertiannya, Cadet merupakan Co-Pilot yang baru saja lulus dari sekolah penerbangan. Biasanya, dia memiliki tanda berupa 1 garis di pundaknya sebagai penanda pangkat yang dimiliki.

Estimasi gaji seorang Cadet Pilot biasanya berada dibawah posisi dan pangkat lainnya seperti yang disebutkan di atas.

(bim)

Topik Menarik