Jangan Lakuin Hal Ini Kalau Kalian Mau Mulai Bisnis ya Buddies!

Jangan Lakuin Hal Ini Kalau Kalian Mau Mulai Bisnis ya Buddies!

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 20 Juni 2022 - 12:31
share

Saat ini, makin banyak anak muda yang lebih memilih menjalankan usahanya sendiri ketimbang bekerja di sebuah perusahaan. Selain fleksibilitas, memiliki usaha sendiri juga memungkinkan anak muda menjalankan pekerjaan sesuai dengan hobi dan kegemarannya.

Nah buat kalian Buddies yang memulai usaha baru, Founder Femalepreneur.id, Rosi Tirus membagikan hal-hal yang dihadapi oleh pengusaha muda yang baru memulai bisnisnya. Salah satunya adalah tentang mindset, pola pikir.

Mindest jadi fundamental, yang menjadi perbedan mereka terkadang mereka tidak berani bermimpi, mereka berpikir, ah ini cuma bisnis kecil kok mbak, padahal kalau dijalankan secara serius dan benar bisa menjadi bisnis yang besar jelas Rosi Tirus saat wawancara dengan BuddyKu.
Pola pikir pebisnis muda harus berani mengambil tantangan dan juga bermimpi besar, namun tentu saja tetap rasional dan terukur dalam rencana bisnis yang telah dibuat.

Masalah lain yang dihadapi pebisnis pemula adalah pengelolaan keuangan dan rencana keuangan yang tak matang. Rencana bisnis yang baik akan memuat segala hal yang Anda butuhkan, mulai dari analisis pasar, rencana keuangan, hingga proyeksi bisnis ke depan. Ini pun harus dilakukan secara matang, karena tak bisa dilakukan dalam sekejap.

Kebanyakan UMKM itu mereka belum dipisah antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis, jadi dompetnya masih jadi satu, banknya masih jadi satu dan mereka sering kali tidak menggaji dirinya sendiri jelas Rosi.

Dalam berbisnis menurut Rosi penting untuk membedakan keuangan pribadi dan bisnis agar jelas cash flow dan pendapatan yang dihasilkan dari bisnis yang dijalankan. Kelalaian pebisnis pemula yang lain menurut Rosi adalaha tidak adanya keunikan produk, produk tidak memiliki nilai lebih dan tidak dibutuhkan orang, kemudian banyak pebisnis yang mengerjakan segala sesuatunya sendiri, padahal menurutnya bisnis itu harus dikelola oleh tim. Sehingga langkah awal yang paling utama adalah riset. Melihat apa yang orang butuhkan dan bagaimana kita menjawab kebutuhan tersebut dengan produk atau jasa yang kita buat.

Rosi Tirus hanya satu dari sekian banyak Superbuddies yang telah diwawancarai BuddyKu. Kalau kalian penasaran dengan informasi lain seputar tarot dari Saira, yuk langsung aja download BuddyKu ya di App Store dan Play Store, Buddies!

Dapatkan akses ribuan berita gratis setiap harinya dan rewards untuk kamu yang bikin content di BuddyKu. Tunggu apalagi, yuk download BuddyKu, Gratis!

Topik Menarik