Menko Airlangga Tinjau Pilar Titik Nol IKN Nusantara

Menko Airlangga Tinjau Pilar Titik Nol IKN Nusantara

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 19 Juni 2022 - 16:27
share

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung pilar Titik Nol pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur

Saya berada di Titik Nol, Ibu Kota Nusantara. Harapannya semoga segera terbangun sesuai rencana, kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Pada peninjauan tersebut, Menko Airlangga juga diberikan penjelasan mengenai denah dan pentahapan pembangunan IKN Nusantara serta melakukan penanaman pohon.

Menko Airlangga menegaskan pemindahan IKN Nusantara diharapkan mampu mendorong percepatan pengurangan kesenjangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah. Oleh karena itu tak hanya koordinasi dan sinkronisasi antar Kementerian/Lembaga (K/L) yang dibutuhkan untuk mewujudkan ini, tapi juga dukungan seluruh masyarakat Indonesia.

Peran aktif masyarakat berupa penyampaian informasi, komunikasi publik, dan diseminasi tentang persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN serta penyelenggaraan IKN, hingga penyediaan ruang-ruang partisipasi dan konsultasi publik, menurut dia, turut mendukung pembangunan IKN secara berkelanjutan.

Saat ini pemerintah tengah melakukan percepatan pembangunan IKN Nusantara guna memindahkan pusat pemerintahan. Kesenjangan ekonomi, pertambahan penduduk yang tidak terkendali, penurunan kondisi dan fungsi lingkungan, hingga tingkat kenyamanan hidup yang semakin menurun, melatarbelakangi gagasan pemindahan ibu kota negara.

Topik Menarik