S&P 500 dan Nasdaq Naik, Dow Jones Rontok di Akhir Sesi Wall Street Hari Ini

S&P 500 dan Nasdaq Naik, Dow Jones Rontok di Akhir Sesi Wall Street Hari Ini

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 18 Juni 2022 - 06:30
share

IDXChannel - Dua indeks utama Wall Street mengalami kenaikan dalam akhir perdagangan yang berlangsung Jumat (17/6/2022) waktu setempat. Hanya Dow Jones Industrial Average (DJI) yang mengalami penurunan.

Meski naik, namun kedua indeks tersebut masih mengalami penurunan persentase mingguan terbesar dalam dua tahun. Hal itu karena investor bergulat dengan kemungkinan resesi yang semakin besar sementara bank sentral global mencoba untuk membasmi inflasi.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (DJI) turun 38,29 poin, atau 0,13%, menjadi 29.888,78, S&P 500 (SPX) naik 8,07 poin, atau 0,22%, pada 3.674,84 dan Nasdaq Composite (IXIC) bertambah 152,25 poin, atau 1,43%, pada 10.798,35.

Untuk minggu ini, Dow Jones kehilangan 4,79%, persentase penurunan mingguan terbesar sejak Oktober 2020, S&P 500 kehilangan 5,79% dan Nasdaq turun 4,78%.

Inflasi yang sangat tinggi telah membuat bingung investor tahun ini karena Federal Reserve AS dan sebagian besar bank sentral utama telah mulai beralih dari kebijakan moneter yang mudah ke langkah-langkah pengetatan yang akan memperlambat ekonomi, mungkin menyebabkan resesi, dan berpotensi mengurangi pendapatan perusahaan.

Masing-masing dari tiga indeks utama Wall Street turun minggu ketiga berturut-turut. Indeks acuan S&P 500 (SPX) mengalami penurunan persentase mingguan terbesar sejak Maret 2020, puncak penurunan pandemi COVID-19.

"Saat ini Anda akan melihat banyak volatilitas dan itu terutama karena fakta bahwa Fed akan menjadi front-end yang memuat semua kenaikan suku bunga ini dan hanya mencoba mengukur gambaran inflasi dan itu sangat kabur. sekarang," kata Megan Horneman, direktur strategi portofolio di Verdence Capital Advisors di Hunt Valley, Maryland.

Indeks acuan S&P telah merosot sekitar 23% year-to-date dan baru-baru ini mengkonfirmasi pasar bearish dimulai pada 3 Januari. Dow Industrials berada di titik puncak untuk mengonfirmasi pasar bearishnya sendiri.

Saham reli pada hari Rabu setelah The Fed menaikkan suku bunga utamanya sebesar 75 basis poin, kenaikan terbesar dalam hampir tiga dekade, sementara Bank of England dan Swiss National Bank juga menaikkan biaya pinjaman.

Pada hari Jumat, Ketua Fed Jerome Powell sekali lagi menekankan fokus bank sentral untuk mengembalikan inflasi ke target 2% saat berbicara di sebuah konferensi.

Data ekonomi pada hari Jumat menunjukkan produksi di pabrik-pabrik AS turun secara tak terduga dalam indikasi terbaru bahwa aktivitas ekonomi sedang berkurang.

Kenaikan dipimpin oleh sektor jasa komunikasi (SPLRCL) dan konsumen (SPLRCD), yang masing-masing naik 1,31% dan naik 1,22%, pada sesi tersebut. Keduanya termasuk yang berkinerja terburuk dari 11 grup besar tahun ini.

Sebaliknya, energi (SPNY), sektor dengan kinerja terbaik tahun ini, turun dengan penurunan 5,57% dan mengalami penurunan persentase mingguan terbesar sejak Maret 2020, di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi global yang dapat melemahkan permintaan minyak mentah.

Juga berkontribusi pada perdagangan berombak adalah berakhirnya kontrak opsi bulanan dan triwulanan menjelang hari libur pasar Juneteenth pada hari Senin.

Volume di bursa AS adalah 17,99 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata sesi 12,42 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.

Isu-isu yang maju melebihi jumlah yang menurun di NYSE dengan rasio 1,37 banding 1; di Nasdaq, rasio 1,92 banding 1 mendukung para advancers.

S&P 500 membukukan satu tertinggi baru 52-minggu dan 57 terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 11 tertinggi baru dan 259 terendah baru. (TYO)

Topik Menarik