MXGP Samota Libatkan 400 UMKM

MXGP Samota Libatkan 400 UMKM

Ekonomi | lombokpost | Jum'at, 17 Juni 2022 - 16:00
share

SUMBAWA -Sebanyak 400 UMKM se-NTB dilibatkan pada gelaran MXGP Samota, pekan depan.

Ada 200 tenda untuk masing-masing dua UMKM, kata Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwansyah, Kamis (16/6).

Ia menjelaskan, 75 persen UMKM yang ditampung dari Kabupaten Sumbawa. Sebanyak 80 persen untuk kuliner dan sisanya handycraft hingga oleh-oleh.

UMKM ini sudah melalui proses kurasi sejak dua bulan lalu, sehingga terpilih 400 UMKM se-NTB, terangnya.

Dia mengklaim perkembangan cukup bagus, termasuk dari segi tiket yang terjual. Tercatat 5.000 tiket sudah terjual.

Baru hari ini juga (kemarin, red) ada booking tiket 10 ribu. Jadi sudah ada 15 ribu tiket, sedangkan daya tampung sirkuit ini bisa mencapai 50 ribuan orang, ujarnya.

Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany mengungkapkan kehadiran MXGP di Sumbawa merupakan buah dari perjuangan yang luar biasa. Ditegaskan, MXGP merupakan jawaban dari pertanyaan Pulau Sumbawa dapat apa? yang dihembuskan segelintir orang beberapa waktu yang lalu.

Dia percaya banyak dampak positif yang dirasakan dari gelaran event MXGP Samota. Seperti tumbuh dan berkembangnya UMKM dan bisnis perhotelan. Termasuk dinaikkannya tipe dan fasilitas RSUD, dibenahinya Pelabuhan Badas, dan Bandara Sultan Kaharuddin. Juga bertambahnya penerbangan menuju dan dari Kabupaten Sumbawa, serta serapan tenaga kerja lokal.

Dia sangat berharap, seluruh lapisan masyarakat Sumbawa turut serta mendukung dan menyukseskan event dunia MXGP Samota 24-26 Juni mendatang. Dia pun memohon doa dan dukungan semua pihak agar event ini dapat berjalan lancar.

Sehingga geliat ekonomi masyarakat kembali pulih dan berkembang, serta membawa nama Sumbawa kian mendunia, pungkasnya. (nur/r9)

Topik Menarik