Loading...
Loading…
Masuk Usulan Capres, Pengamat Sebut NasDem Tepat Gandeng Erick Thohir

Masuk Usulan Capres, Pengamat Sebut NasDem Tepat Gandeng Erick Thohir

Powered by BuddyKu
Ekonomi | CorrectoId | Jumat, 17 Juni 2022 - 11:12

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk dalam usulan calon presiden (capres) partai Nasional Demokrat (NasDem).

Hal ini membuatDirektur Eksekutif Indobarometer, M Qodari menyebut akan menjadi pilihan yang tepat jika NasDem menggandeng Erick Thohir di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Diketahui bahwa d alam rapat kerja nasional (rakernas) NasDem, 16 dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem mengusulkan Erick Thohir sebagai calon presiden (capres).

Hal ini membuat Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang paling banyak diusulkan DPW Partai NasDem untuk menjadi capres.Erick berada di posisi ketiga, dibawah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di posisi satu dan dua.

Qodari mengatakanakan sulit bagi NasDem untuk mengusung Anies maupun Ganjar, namun tidak dengan Erick Thohir. Menurutnya, calon yang tepat untuk digandeng oleh NasDem pada Pemilu 2024 mendatang adalah Erick Thohir.

Kalau menurut kalkulasi politik, harusnya Erick Thohir, kata M Qodari.

Lebih lanjut,Qodari menilai meskipun Ganjar mendapatkan suara usulan lebih tinggi, tetapi dia merupakan kader dari PDIP. Sehingga akan sulit bagi Nasdem untuk mengubah identifikasi Ganjar dari PDIP menjadi NasDem.

Sementara itu, NasDem juga akan kesulitan menggandeng Anies Baswedan. Hal ini karena basis pengikut Anies adalah massa Islam, sedangkan Nasdem basisnya adalah nasional.

Karena alasan itu, nama yang paling masuk untuk diusung NasDem adalah Erick Thohir. Ada beberapa alasan kenapa Erick Tohir menjadi sosok yang paling cocok bagi NasDem.

Pertama, Erick Thohir dekat dengan Presiden Jokowi yang notabene Nasdem adalah pendukung utama dan awal sejak 2014. Sehingga menurutnya, Nasdem tidak akan kesulitan untuk mensosialisasikan Erick kepada pemilih NasDem.

Kedua, Erick Thohir merupakan figur yang agamis dan nasionalis. Karena Erick merupakan bagian dari keluarga besar NU, dan Erick juga populer di kalangan nasionalis.

Tidak punya problem juga untuk menjual Erick di kalangan nasionalis, kata dia.

Original Source

Topik Menarik

{