CELIOS: Dunia Sebenarnya Sudah Teknikal Resesi

CELIOS: Dunia Sebenarnya Sudah Teknikal Resesi

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 13 Juni 2022 - 19:31
share

IDXChannel - Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyampaikan sejumlah pernyataan yang disampaikan oleh beberapa eksekutif perbankan menunjukkan bahwa dunia sedang tidak baik-baik saja, atau secara teknikal sudah memasuki masa resesi.

"Kita terus memantau ya, GDP Now Tracker-nya Federal Reserve Bank of Atalanta, memang menunjukkan adanya tren koreksi dan bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa kita sekarang sebenarnya sudah teknikal resesi," ujar Bhima dalam program Market Review di IDX Channel, Senin (13/6/2022).

Saat ini, resesi global sudah mengancam seiring dengan tingginya tingkat inflasi di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat (AS). Tingginya inflasi menyebabkan daya beli masyarakat menjadi tertekan.

"Jadi ini sebenarnya sudah mengarah kepada penurunan karena inflasi yang sifatnya konsisten," jelasnya

Bhima menambahkan saat ini yang harus dilakukan bukan bertanya kapan akan terjadi resesi, tapi mempersiapkan beberapa payung apabila terjadi resesi dalam waktu yang sangat singkat.

"Satu tentunya ini bagi Bank Indonesia, bagi OJK atau KSS kas secara umum mereka melakukan stress test jadi dengan volatilitas dinamika ekonomi, variabel ekonomi yang berubah dengan cepat ini, bank mana, asuransi mana, bahkan sampai perusahaan fintech mana yang kemudian mengalami kerentanan." (TYO)

Topik Menarik