Loading...
Loading…
Dapat Tugas Jadi Amirul Hajj Jabar, Ridwan Kamil: Jangan Banyak Pikiran, Fokuskan Ibadah

Dapat Tugas Jadi Amirul Hajj Jabar, Ridwan Kamil: Jangan Banyak Pikiran, Fokuskan Ibadah

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Inews | Kamis, 09 Juni 2022 - 08:04

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mendapat tugas sebagai amirul hajj atau pemimpin jemaah haji Jawa Barat pada pelaksanaan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi. Kepada para jemaah haji, Kang Emil, sapaan akrabnya berpesan, jangan banyak pikiran, fokus saja ibadah.

Kalau tidak ada halangan, saya akan jadi amirul hajj di haji tahun ini. (Pada) 2019, Pak Wagub Jabar (Uu Ruzhanul Ulum sebagai amirul hajj Jabar), 2020 enggak ada, 2021 enggak ada. Nah 2022 ada. Jadi gantian, dulu Pak Wagub yang memimpin, sekarang saya memimpin, kata Ridwan Kamil, Rabu (8/6/2022).

Tugas memimpin jemaah haji, ujar Kang Emil, antara lain memastikan jamaah aman dan sehat serta bisa mengakses pelayanan yang dibutuhkan, termasuk konsumsi dan transportasi selama menunaikan ibadah di Tanah Suci. Jadi itu tugas saya di Tanah Suci nanti sebagai amirul hajj, ujar Kang Emil.

Ibadah haji ini ibadah yang sangat fisikal. Oleh karena itu, kepada yang sudah berangkat, makan yang memadai. Kalau ada vitamin, suplemen kesehatan silakan dikonsumsi. Jangan banyak pikiran, fokuskan kepada niat ibadah dan jaga nama baik jemaah haji Indonesia, khususnya Jabar, pesan Kang Emil.

Gubernur Jabar menuturkan, jika tidak ada halangan, akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menjalankan tugas sebagai amirul hajj pada akhir Juni atau awal Juli 2022. Saat ini, enam kelompok terbang (kloter) jamaah haji asal Jawa Barat sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

Informasi yang saya dapatkan itu sudah enam kloter terbang ke Tanah Suci dari calon jamaah haji, hanya 45 persen dari 100 persen dari yang seharusnya kita didapatkan. Maka, atas nama pribadi saya memohon maaf. Mudah-mudahan yang seharusnya pergi, tapi belum karena kuotanya bisa bersabar, tutur Gubernur Jabar.

Sementara itu, tahun ini, sebanyak 17.593 jemaah haji asal Provinsi Jabar berangkat ke Tanah Suci, Mekkah pada musim haji tahun ini. Mereka terbagi dalam 43 kelompok terbang (kloter).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar Azam Multazam mengatakan, pemberangkatan 43 kloter tersebut diberangkatkan ke dalam dua gelombang. Sampai saat ini, sudah enam kloter jemaah haji diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah.

Gelombang pertama dimulai 3-17 Juni 2022 dengan jumlah jemaah haji 8.484 orang ditambah 126 petugas, sehingga total 8.610 orang. Sedangkan, pemberangkatan gelombang II dimulai 18-2 Juli 2022 dengan total jemaah haji yang diberangkatkan mencapai 9.245 orang, termasuk 136 petugas.

Sampai hari ini, jemaah haji yang diberangkatkan enam kloter. Alhamdulillah, belum ada laporan meninggal atau kendala lain, kata Kakanwil Kemenag Jabar, Rabu (8/6/2022).

Azam Multazam menyatakan, jemaah haji asal Jabar berusia antara 18 tahun hingga 60 tahun. Seluruh jemaah haji untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah. Kami minta jemaah tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan sampai terkendala sebelum ke Tanah Suci Mekkah, ujar Azam Multazam.

Original Source

Topik Menarik