Loading...
Loading…
Presiden Meksiko Boikot KTT Amerika yang Digelar AS, Ini Sebabnya

Presiden Meksiko Boikot KTT Amerika yang Digelar AS, Ini Sebabnya

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Inews | Selasa, 07 Juni 2022 - 01:50

MEXICO CITY, iNews.id Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, pada Senin (6/6/2022) mengumumkan bahwa dia tidak akan berpartisipasi dalam KTT Amerika yang diselenggarakan AS di Los Angeles dari 6-10 Juni. Keputusan tersebut dia ambil lantaran ada beberapa negara tak diundang AS di KTT itu.

Saya ingin memberi tahu orang-orang Meksiko bahwa saya tidak akan pergi ke KTT itu. Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard yang akan mewakili Pemerintah (Meksiko). Saya tidak akan hadir karena tidak semua negara di Amerika telah diundang, kata Obrador kepada wartawan.

Kemarin, CNN melaporkan, AS tidak akan mengundang Kuba, Nikaragua, dan Venezuela untuk berpartisipasi dalam KTT Amerika. Washington DC berdalih, ketiga negara itu dikecualikan dari KTT karena kurangnya ruang demokrasi dan dukungan untuk hak asasi manusia di sana.

Keputusan AS untuk mengecualikan Venezuela diumumkan pada akhir Mei lalu. Ketika itu, koordinator nasional KTT, Kevin O\'Reilly mengatakan, AS tidak akan mengundang Venezuela karena Washington DC tidak mengakui pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Nicolas Maduro.

Presiden Obrador pun menyerukan kepada AS agar menghapus politik eksklusi dan dominasi dalam penyelenggaraan KTT. Dia juga menentang bentuk pelanggaran kedaulatan dan kemerdekaan setiap negara yang ditunjukkan Washington DC itu.

Tidak akan ada KTT Amerika kecuali setiap negara di (Benua) Amerika berpartisipasi, kata Obrador.

Obrador mencatat, dia masih akan berkunjung ke AS pada Juli untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden. Kunjungannya ke negeri Paman Sam guna membahas integrasi Pan-Amerika.

Pemimpin Meksiko itu berpendapat, negara-negara Amerika harus mengikuti contoh yang ditetapkan oleh Uni Eropa dan meninggalkan konfrontasi, ancaman, serta blokade.

Obrador sebelumnya menyatakan keberatannya tentang KTT Amerika. Dia meragukan apakah ajang tersebut memang bakal menjadi KTT Amerika atau hanya KTT para sahabat Amerika Serikat.

Original Source

Topik Menarik